Polisi Rekonstruksi Pembakaran Rumah Wartawan di Karo, 3 Tersangka Peragakan 57 Adegan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 20 Juli 2024 6 jam yang lalu
Rumah wartawan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang terbakar
Rumah wartawan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang terbakar

Karo, MI - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menyebutkan 57 adegan dalam rekonstruksi, terkait dengan kasus pembakaran rumah wartawan Rico Sempurna Pasaribu, Jalan Nabung Surbakti, Kabupaten Karo.

"Mulai tadi siang hingga malam hari ini berjalan lancar. Para tersangka melakukan adegan dengan baik didampingi oleh penasihat hukum dan menghadirkan 15 saksi," kata Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol. Hadi Wahyudi di Karo, Jumat (19/7/2024), malam.

Hadi mengatakan bahwa semua proses kasus ini adalah, kepentingan penyidikan dan semuanya, akan dituangkan dalam berita acara.

Dalam rekonstruksi ini, kata dia, untuk memperkuat penyidikan yang sudah berjalan, serta dipertanggungjawabkan dalam persidangan.

"Polisi terus melakukan pekerjanya dengan profesional, dan tentu semua ini juga membutuhkan dukungan masyarakat," ujarnya.

Dalam rekonstruksi tersebut, lanjut Hadi, dari tempat kejadian perkara (TKP) pertama sampai keenam, menjadi catatan para penyidik.

"Saya sampaikan itu seluruhnya dituangkan dalam berita acara penyidikan. Kita tunggu proses ini berjalan hingga nanti ke tahap persidangan," ungkapnya.

Sebelumnya, Polda Sumut mengungkapkan bahwa tersangka B yang memerintahkan kedua pelaku lainnya, membakar rumah korban Rico Sempurna Pasaribu.

"Tersangka B menyuruh YT membakar, serta memberikan uang Rp130 ribu kepada RAS untuk dibelikan minyak pertalite dan solar untuk membakar rumah korban," tandasnya.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut, mengakibatkan empat korban jiwa, yakni Rico Sempurna Pasaribu, Efprida Boru Ginting (istri), Sudi Inveseti Pasaribu (anak), dan Lowi Situngkir (cucu) pada Kamis (27/6/2024).