5 Tips Atasi Jerawat di Punggung

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 17 Desember 2023 09:35 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]
Jakarta, MI - Punya jerawat di punggung memang tidak menyenangkan, apalagi saat berkeringat kadang rasanya gatal. Salah satu penyebab utama jerawat punggung adalah, jamur dan bakteri.

Meski di bagian tubuh yang jarang terlihat, orang tetap tak suka dengan keberadaannya.

Jerawat punggung biasanya muncul sebagai benjolan berwarna merah, disertai whiteheads atau blackheads yang kadang terasa gatal. Jerawat biasanya muncul ketika minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang mengendap di pori-pori kulit.

Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut cara mengatasi jerawat punggung:  

1. Jaga kebersihan kulit

Gunakan sabun mandi bebas minyak yang “noncomedogenic”, yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Mandi dan ganti pakaian bersih setelah berolahraga. Tahan keinginan untuk menggosok kulit Anda dengan pembersih yang keras, salah satunya seperti scrubbing, hal ini bisa memperburuk jerawat.

2. Hindari memencet atau memencet jerawat

Anda dapat merusak kulit dengan memencet jerawat. Meremas atau meletuskannya juga dapat menyebabkan bekas jerawat memburuk. Memencet jerawat juga dapat menyebabkan jerawat yang terinfeksi.
     
3. Cobalah krim topikal, gel, dan pembersih

Produk benzoil peroksida dapat menghilangkan jerawat punggung. Saat menggunakan pembersih benzoil peroksida, biarkan obat menempel pada jerawat hingga lima menit sebelum membilasnya. Anda juga dapat mencoba gel retinoid atau stiker jerawat yang melepaskan obat asam salisilat ke dalam jerawat selama beberapa jam.

4. Gunakan seprai bersih

Penting untuk menggunakan handuk, seprai, dan sarung bantal yang bersih agar bakteri tidak menumpuk. Cobalah untuk mencuci seprei dan handuk Anda setidaknya seminggu sekali.

5. Periksa ke dermatologis

Jika jerawat punggung tetap ada atau terus muncul kembali, temui dokter kulit. Anda mungkin memerlukan antibiotik atau obat oral lainnya.