7 Manfaat Minum Air Garam untuk Kesehatan

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 28 Oktober 2023 06:00 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa ada orang yang menambahkan garam ke dalam air minumnya? Ya, karena banyak sekali manfaat kesehatan dari air garam.

Menyeruput air garam hangat dapat meredakan sakit tenggorokan akibat pilek dan alergi. Tapi masih ada yang lebih dari itu! Kita semua membutuhkan sedikit natrium atau garam untuk menjaga fungsi cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh. Jadi, mencampurkan garam dalam air dan meminumnya meningkatkan hidrasi, keseimbangan elektrolit, dan pencernaan. Minum air garam juga dapat membantu Anda memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Air garam baik untuk kesehatan secara keseluruhan, kata Dr Sumol Ratna, Dokter Umum di Noida International Institute of Medical Science.

Dilansir dari Healthshots, berikut tujuh manfaat air garam bagi kesehatan

1. Rehidrasi dan keseimbangan elektrolit

Minum air dalam bentuk apa pun membantu Anda tetap terhidrasi, tetapi air garam juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit yang tepat. 

Dr Ratna berkata, “Agar berfungsi sebaik-baiknya, tubuh manusia membutuhkan keseimbangan elektrolit yang tepat, termasuk natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Jadi, jika Anda mengonsumsi air garam dalam jumlah sedang, ini dapat membantu mengisi kembali elektrolit penting yang hilang selama aktivitas fisik, dalam kondisi panas, atau sakit.” 

Otot, saraf, dan sistem tubuh Anda akan berfungsi lebih efektif jika Anda minum air garam.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, air garam dapat membantu meningkatkan pencernaan. Sebuah studi tahun 2010 dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa air garam dapat membantu melancarkan buang air besar. 

Hal ini dapat meningkatkan sekresi cairan pencernaan, yang akan membantu pemecahan makanan di perut dan meningkatkan penyerapan nutrisi. Selain itu, membantu menjaga tingkat pH lambung tetap teratur, yang diperlukan untuk pencernaan sebaik mungkin.

3. Detoksifikasi

Minum air garam mungkin memiliki sifat detoksifikasi, yang dapat membantu mengeluarkan senyawa beracun dari tubuh Anda melalui keringat. Selain itu, air garam dapat mengaktifkan ginjal dan hati sehingga membantu tubuh membuang limbah. Hal ini dapat menghasilkan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

4. Baik untuk kulit

Air garam juga dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda. Jika dioleskan secara topikal, air garam dapat membantu mengelupas dan meremajakan kulit, mengurangi gejala jerawat, psoriasis, dan eksim. Namun meminum air garam dapat membuat kulit menjadi lebih bersih dan sehat dengan membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh, mengurangi peradangan, dan menghilangkan racun.

5. Mencegah gangguan pernafasan

Saat tenggorokan kita terasa sedikit iritasi, ibu kita selalu menyarankan untuk berkumur dengan air garam hangat dan meminumnya. Menurut penelitian in vivo, air garam menghalangi respons imunoglobulin E (IgE), histamin, dan sitokin proinflamasi, yang juga dapat menyebabkan reaksi alergi. 

Dr Ratna juga mengatakan, “Air garam membantu memecah lendir, mengurangi peradangan, dan mengurangi rasa tidak nyaman, sehingga meningkatkan fungsi paru-paru dan pernapasan secara keseluruhan, menjadikannya pengobatan rumahan yang potensial untuk pilek, alergi, dan penyakit pernapasan lainnya.

6. Menurunkan berat badan

Tidak secara langsung, namun meminum air garam secukupnya secara tidak langsung dapat membantu pengelolaan berat badan. Ini dapat membantu membersihkan sistem pencernaan Anda dan menghilangkan racun dan limbah, yang dapat berkontribusi untuk menjaga berat badan yang sehat.

7. Pengurangan stres

Efek menyejukkan dan menenangkan dari air garam sudah dikenal luas. Ini membantu meningkatkan relaksasi dan mengurangi tingkat stres. 

Dr Ratna berkata, “Mineral dalam air garam, seperti magnesium, memiliki efek menenangkan pada sistem saraf, membantu Anda merasa lebih nyaman dan meningkatkan kesejahteraan mental Anda.”

Apakah air garam hangat lebih baik dari air garam biasa?

Minum air garam umumnya baik untuk kesehatan Anda. Namun, air garam hangat sering kali direkomendasikan karena efeknya yang menenangkan dan terapeutik. 

Ini dapat membantu pencernaan, masalah pernafasan dan pengurangan stres. Dapat digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati sakit tenggorokan dan iritasi akibat alergi atau pilek. Pastikan garam larut sepenuhnya sebelum diminum untuk menghindari rasa tidak nyaman atau iritasi. Juga, minumlah secukupnya.

Meskipun ada beberapa manfaat kesehatan dari minum air garam, kuncinya adalah tidak berlebihan. Minum terlalu banyak garam dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti peningkatan tekanan darah dan penurunan fungsi ginjal.

Topik:

air-garam
Berita Terkait