Mengenal Hernia, Penyakit yang Diderita Atta Halilintar

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 4 November 2023 09:15 WIB
Atta Halilintar [Foto: Instagram/@attahalilintar]
Atta Halilintar [Foto: Instagram/@attahalilintar]

Jakarta, MI - Kabar kurang menyenangkan datang dari YouTuber Atta Halilintar. Pasalnya, suami Aurel Hermansyah itu, mengunggah foto Instagram terbaru yang memperlihatkan dirinya mengalami hernia.

Dalam unggahan itu, Atta  Halilintar cerita kalau gejala awal hernia yang dialami adalah, area perut kram dan perih hingga susah bergerak.

"Kemarin dari perut ke bawah kram perih susah gerak. Menurut dokter hasil cek CT Scan saya kena hernia," kata Atta Halilintar dikutip, Sabtu (4/11). 

Menurut bapak satu anak ini, hernia yang dialaminya itu akibat olahraga yang tidak tepat. Dia pun menyarankan kepada pengikutnya untuk tidak sembarang berolahraga.

"Untuk teman-teman, hati-hati saat olahraga angkat berat, gym, dan lain-lain. Ada baiknya cek kekuatan atau pakai tali pinggang yang menahan perut," tutur Atta.

Lantas, apa itu hernia? 

Dilansir dari Cleveland Clinic, hernia biasanya muncul di perut atau selangkangan. Hernia muncul ketika salah satu organ mendorong otot atau jaringan yang menampungnya.

"Hernia terlihat seperti tonjolan aneh yang datang dan pergi selama aktivitas berbeda atau dalam posisi berbeda," demikian bunyi keterangan Cleveland Clinic, dikutip Sabtu (4/11).

Pada kebanyakan kasus hernia dinilai tidak serius, tapi masih ada risiko menjadi kondisi serius apabila dibiarkan dan semakin parah.

"Hernia menjadi serius jika tersangkut dan tidak masuk kembali," ujarnya. 

Karena hernia keluar dari tempatnya, ini kadang menimbulkan rasa sakit dan dalam kasus yang parah, jaringan di area hernia dapat berhenti mendapatkan suplai darah. Sehingga menyebabkan nekrosis atau kematian jaringan.