Manfaat Mengkonsumsi Jus Seledri

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 13 November 2023 08:03 WIB
Ilustrasi jus seledri [Foto: iStock]
Ilustrasi jus seledri [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Seledri merupakan sayuran hijau berserat, yang mengandung banyak nutrisi serta kandungan air yang tinggi.

Vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan, yang dimiliki seledri baik untuk tubuh.

Seledri diketahui, mengandung dua antioksidan yaitu, apigenin dan luteolin yang dapat mengurangi peradangan dan memantu, mengobati berbagai penyakit peradangan.

Mengonsumsi seledri mentah, dapat memberikan banyak vitamin kepada tubuh, seperti vitamin K, vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, folat, kalium, mangan, dan asam pantotenat. 

Selain itu seledri dan bijinya mengandung fitonutrien, yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat.

Berikut manfaat mengonsumsi jus seledri:

Hidrasi

Kandungan air, yang ada pada seledri dapat membantu tubuh terhidrasi. Hidrasi sangat penting bagi tubuh, untuk membantu mengatur tekanan darah, suhu tubuh, fungsi otak, pengiriman nutrisi hingga sangat baik untuk kesehatan ginjal.

Anti inflamasi

Senyawa fitonutrien pada seledri dapat, membantu mengurangi peradangan karena berperan sebagai antioksidan dan membantu mengurangi stres oksidatif.

Makanan yang mengandung antioksidan, dapat menurunkan tingkat penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, kanker kulit, dan dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Rendah gula

Jus seledri bisa menjadi alternatif minuman, yang lebih sehat dibandingkan mengonsumsi minuman manis yang memiliki tambahan gula buatan.

Satu cangkir (240) ml jus seledri hanya memiliki 5 gram gula alami. Memilih minuman rendah gula seperti jus seledri, dapat mengurangi asupan gula dan kalori secara keseluruhan.