Selain Usir Kantuk, Ini Manfaat Lain Kafein

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 12 November 2023 14:19 WIB
Ilustrasi kafein [Foto: iStock]
Ilustrasi kafein [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Kafein memang banyak dimanfaatkan untuk mengusir rasa kantuk. Tapi tahukah kamu? selain mengusir kantuk, kafein juga memiliki manfaat lain untuk tubuh. 

Kafein merupakan senyawa kimia yang biasanya dipakai di obat-obatan, minuman, dan makanan. Fungsi kafein adalah sebagai stimulan. 

Beberapa minuman yang mengandung kafein adalah kopi, teh, energy drinks, dan cola. Sedangkan beberapa makanan yang mengandung kafein adalah coklat, juga makanan yang mengandung kopi seperti tiramisu, kacang kola, dan energy snacks.

Dikutip dari Healthline, berikut manfaat kafein untuk otak dan badan:

Membuat Fungsi Otak jadi Lebih Tajam

Kafein dipercaya untuk menambah rasa fokus, itu sebabnya banyak yang minum kopi jika merasa kurang fokus. Kafein pada kopi, memiliki efek stimulasi yang dapat memberikan efek positif pada fungsi otak.

Dilansir dari VeryWell Health, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kafein dapat menambah konsentrasi pada otak.

Namun pengonsumsian kafein harus dalam batas wajar. Terlalu banyak mengonsumsinya, dapat menyebabkan gangguan tidur.

Mempengaruhi Metabolisme

Kafein mempengaruhi proses pembentukan dan pemecahan lemak dalam tubuh. Kafein dapat mempengaruhi faktor-faktor tertentu, yang dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak

Menurunkan resiko diabetes dan penyakit jantung

Konsumsi teh dan kopi, dipercaya menurunkan risiko sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah kondisi kesehatan, yang meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung.

Manfaat tersebut kemungkinan besar disebabkan, oleh polifenol antioksidan yang ditemukan dalam kopi dan teh, bukan karena kafein itu sendiri.

Berita Terkait