5 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Urat Tinggi

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 19 November 2023 07:17 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Penderita asam urat tinggi perlu memperhatikan, makanan yang akan dikonsumsi. Sebab, Kadar asam yang urat tinggi, tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Asam urat tinggi, dapat menyebabkan sendi tangan dan kaki terasa nyeri. Oleh karena itu, asam urat tinggi sebaiknya diturunkan agar tubuh lebih sehat.

Dikutip dari Lybrate, berikut makanan yang bisa menurunkan asam urat?

1. Buah beri

Buah beri terutama stroberi, dan blueberry memiliki sifat anti inflamasi, yang dapat meredakan nyeri sendi. Jadi, cobalah memasukkannya ke dalam diet asam urat Anda.

2. Makanan kaya akan vitamin C

Makanan kaya vitamin C dan suplemen, dapat mengurangi asam urat dalam tubuh. Ini menghancurkan asam urat dan memaksanya keluar dari tubuh melalui urin. 

Sumber vitamin C yang baik yang juga merupakan makanan asam urat adalah awal, jambu biji, kiwi, jeruk nipis manis, jeruk, capsicum, lemon,tomat, dan sayuran berdaun hijau.

3. Apel

Apel merupakan sumber yang kaya asam malat, yang membantu menetralkan asam urat sehingga memberikan kelegaan bagi penderitanya. 

Konsumsi satu apel setiap hari setelah makan dalam diet asam urat Anda.

4. Air putih

Air mengeluarkan racun termasuk kelebihan asam urat dari tubuh. Seseorang setidaknya harus minum setidaknya 10-12 gelas air setiap hari.

5. Jus buncis

Jus buncis termasuk salah satu obat, yang efektif untuk mengurangi asam urat. Jus sehat ini bisa dikonsumsi dua kali sehari, untuk mengobati asam urat atau asam urat tinggi.

Berita Terkait