Minuman Detox yang Bisa Hilangkan Racun dalam Tubuh

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 11 Desember 2023 08:39 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]
Jakarta, MI - Badan sering terasa lemas, mudah lelah, dan sulit berkonsentrasi, merupakan peringatan kalau terdapat racun di tubuh. Hal ini dapat menyebabkan, imun tubuh menjadi drop dan mudah terserang penyakit.

Untuk mencegahnya, seseorang bisa mencoba mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, yang dapat membangkitkan kembali stamina tubuh. Salah satunya dengan membuat minuman detox.

Minuman detox, dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Dikutip dari NDTV Food, berikut minuman detox yang bermanfaat untuk tubuh:

1. Timun dan daun mint

Infused water campuran timun dan daun mint, dapat membuat badan segar dan tetap sehat. Timun bermanfaat untuk meredakan panas dalam tubuh, dan melepas racun berlebih.

Sedangkan daun mint mampu meredakan sakit perut dan mempercepat proses pencernaan. 

2. Air kelapa, lemon dan mint

Selain menyegarkan, air kelapa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan elektrolit tubuh. Kamu bisa kreasikan air kelapa dengan tambahan perasan lemon, dan daun mint untuk memberikan kesegaran yang lebih.

Membuatnya pun sangat simpel dengan menggabungkan air kelapa, perasan lemon, dan daun mint yang sudah dipotong. 

Campuran ketiga bahan ini, ampuh membersihkan racun di hari serta usus. Sehingga badan jadi lebih fit untuk kembali beraktivitas.

3. Campuran jus jeruk, wortel, dan jahe

Perpaduan ketiga buah ini, memiliki segudang manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh.Buah jeruk yang kaya akan antioksidan dan vitamin C, dapat membantu meningkatkan imun tubuh. 

Sedangkan Wortel memiliki vitamin A, dan beta-karoten yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Jus wortel ditambah dengan jahe yang bersifat anti-inflamasi, bagus untuk perut kembung. 

Maka gabungan ketiganya, dapat membantu tubuh mengeluarkan racun-racun di dalamnya. Sensasi manis dan hangat dari jahe cocok banget untuk boot up tubuh Anda.

4. Teh lemon dengan madu

Campuran teh dengan lemon dan madu, sangat nikmat untuk dinikmati di pagi hari. Sebelum memulai aktivitas yang padat seharian, tubuh sudah dilindungi oleh khasiat dari teh lemon dengan madu. 

Selain itu, minuman ini sangat cocok untuk mengobati sakit tenggorokan dan flu yang melanda.