Ramai Seruan Boikot Brand Zara Imbas Koleksi Terbarunya Foto Gotong Mayat

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 11 Desember 2023 10:44 WIB
[Foto: Doc. ZARA]
[Foto: Doc. ZARA]
Jakarta, MI - Merek fesyen global, ZARA, menjadi target baru boikot dari warganet global. Seruan boikot itu dilakukan, setelah ZARA merilis foto katalog koleksi terbaru dengan konsep yang dinilai mengejek krisis kemanusiaan di Palestina.

Dalam foto-foto koleksi terbarunya yang berjudul "ZARA Atelier Collection 04", perusahaan ritel tersebut, menggunakan properti berupa patung dengan anggota tubuh yang hilang. Model berpose di setting reruntuhan bangunan yang berdebu. 

Selain itu, terdapat salah satu foto yang menunjukkan model katalog menggendong manekin terbungkus plastik warna putih, sehingga mirip jenazah yang sudah dikafani. 

Namun, foto tersebut telah dihapus dari laman resmi dan media sosial. Meskipun foto yang diduga mengejek situasi di Palestina itu telah dihapus, amarah warganet sudah terlanjur muncul sehingga ZARA diserukan untuk diboikot.

Melansir dari The National, katalog tersebut difoto oleh Tim Walker dengan pengarah gaya oleh perusahaan Perancis-Amerika, Baron & Baron dan model asal Amerika Serikat (AS), Kristen McMenamy. 

Dalam katalog, McMenamy menggunakan serangkaian jaket di ruangan putih, yang dikelilingi oleh peti kayu dan puing-puing beton.

Tidak hanya McMenamy yang mengangkat manekin mirip jenazah dan dikelilingi puing beton, ZARA juga menampilkan foto lainnya yang tampak kotor akibat hancuran beton putih.

Hingga saat ini, ZARA belum memberikan keterangan resmi terkait kontroversi foto katalog tersebut dan belum menanggapi reaksi keras dari warganet.

Berita Terkait