Kenali Manfaat dan Kegunaan Daun Jeruk

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 7 Februari 2024 17:15 WIB
Daun jeruk mempunyai Khasiat dan manfat bagi kesehatan tubuh. (Foto: MI/Nuramin)
Daun jeruk mempunyai Khasiat dan manfat bagi kesehatan tubuh. (Foto: MI/Nuramin)

Jakarta, MI - Pada umumnya, banyak sebagian orang mengonsumsi buah jeruk untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Tidak hanya itu, beberapa orang juga ternyata sering menggunakan daun jeruk sebagai bumbu tambahan atau obat herbal. Salah satunya adalah aroma daun jeruk yang dapat memberikan sensasi rileks. Informasi selengkapnya mengenai manfaat daun jeruk bagi kesehatan tubuh bisa kamu baca di sini!

Meningkatkan Kesehatan Mulut
Daun jeruk yang dioleskan langsung ke gusi bisa membantu meningkatkan kesehatan mulut dan menghilangkan bakteri berbahaya yang bisa menumpuk di mulut. Minyak yang diekstraksi dari kulit jeruk bila dicampurkan dengan pasta gigi dan obat kumur juga dapat mempromosikan perawatan mulut dan gusi yang lebih manjur.

Membersihkan Darah
Minyak daun jeruk bila dicampurkan dengan beberapa bahan tertentu dapat bersifat detoks atau penghilang racun pada darah. Campuran unik dari senyawa volatil pada daun jeruk dapat menghilangkan patogen atau agen asing di dalam darah.

Daun jeruk mengandung senyawa bernama lupeol. Senyawa ini mengurangi produksi senyawa pemicu peradangan penyebab nyeri. Hal ini dipaparkan dalam studi terbitan Biomolecules (2021).

Meski begitu, penelitian ini masih menguji ekstrak daun di dalam laboratorium, bukan pada manusia yang mengonsumsi atau mengoleskannya ke sumber rasa sakit. Oleh karena itu, perlu riset lebih lanjut untuk menguji manfaat daun jeruk yang satu ini.

Menjaga kesehatan jantung

Daun ini mengandung senyawa rutin yang berpotensi menurunkan kolesterol dan mencegah pembentukan penggumpalan darah.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Ada sejumlah komponen yang ditemukan dalam daun jeruk yang juga ditemukan dalam serai dan tumbuhan terkait. Senyawa ini diduga bersifat anti-inflamasi sehingga baik untuk menjaga dan merangsang sistem pencernaan. Jika kamu mengidap sembelit atau gangguan pencernaan, beberapa rebusan daun jeruk dapat menghilangkan gejala yang memungkinkan kerja sistem cerna kembali normal. 

Bahan alami mengusir Serangga, daun jeruk juga memiliki manfaat lain, seperti mengusir serangga. Gigitan nyamuk tidak hanya dapat membuat bentol dan gatal-gatal, namun juga bisa mengganggu kualitas tidur. 

Kandungan citronellol dan limonene yang ditemukan dalam daun jeruk sangat tidak menarik bagi sebagian besar serangga, sehingga akan membuatnya menjauh. Mengoleskan losion yang mengandung ekstrak daun jeruk dapat membantu kamu terhindar dari gigitan serangga.

Merawat Kulit
Kulit jeruk yang diekstrak dan dicampur ke dalam banyak produk kosmetik dan sabun mandi dapat merawat kulit. Beberapa zat asam yang ditemukan dalam daun jeruk dapat membantu menetralkan radikal bebas, produk sampingan berbahaya dari respirasi sel yang dapat menyebabkan mutasi sel atau apoptosis, serta kanker.

Menurunkan risiko kanker
Penelitian terbitan Industrial Crops and Products (2013) menemukan bahwa daun ini kaya akan senyawa flavonoid dan flavonol. Kadarnya bahkan lebih tinggi daripada kulit jeruk.

Kedua kandungan ini bersifat antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas yang bisa merusak tubuh dan memicu kanker. Meski begitu, para ahli masih menguji khasiatnya di laboratorium, bukan pada manusia saat mengonsumsi daun langsung. Jadi, Anda belum bisa menjadikannya sebagai satu-satunya obat herbal.

Menenangkan pikiran
Daun jeruk mengandung minyak esensial dengan aroma khas yang bisa mengurangi kecemasan dan stres. 
Menghirup minyak esensial daun jeruk bisa memengaruhi amigdala, yakni bagian otak yang mengatur emosi manusia. Efek ini mirip dengan menghirup aromaterapi.

Tinjauan terbitan Evidence-based Complementary and Alternative Medicine (2018) menjelaskan bahwa efek minyak esensial daun bisa mengurangi stres dan cemas pada pasien yang sedang menunggu perawatan gigi dan pasien leukemia myeloid.

Mengurangi nyeri sendi
Nyeri sendi umumnya terjadi akibat tidak menjaga postur hingga radang sendi. Nah, daun ini memiliki sifat antiradang yang membantu mengurangi rasa sakit. (AM)

Berita Terkait