Dampak Buruk Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 10 Februari 2024 19:50 WIB
Merokok bisa Mengganggu kesehatan tubuh. (Foto: MI/Nuramin)
Merokok bisa Mengganggu kesehatan tubuh. (Foto: MI/Nuramin)

Jakarta, MI - Merokok termasuk kebiasaan yang sulit dihilangkan dan sangat umum ditemui di berbagai lapisan masyarakat. Merokok salah satu kegiatan yang berdampak buruk tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain atau keluarga yang ada di sekitarnya baik dalam waktu singkat maupun jangka panjang. Perlu diketahui, bahwa di dalam rokok terkandung lebih dari 4.000 jenis bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. 

Rokok mengandung berbagai zat kimia (nikotin, tar, karbon monoksida, dan lain-lain) yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Senyawa beracun itulah yang menyebabkan rokok berpotensi memicu terjadinya berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung. Mari ketahui lebih lanjut mengenai bahaya merokok bagi kesehatan tubuh di bawah ini.

Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh seperti
Penyakit paru-paru kronis, Merusak gigi dan menyebabkan bau mulut, Menyebabkan stroke dan serangan jantung, Tulang mudah patah, Gangguan pada mata, salah satunya seperti katarak, Menyebabkan kanker leher rahim dan keguguran pada wanita, Menyebabkan kerontokan rambut.

Tidak hanya itu, rokok juga mengandung tar yang berisiko mempersempit saluran udara kecil di paru-paru (bronkiolus) dan merusak silia (rambut-rambut halus pada dinding bronkiolus untuk mengeluarkan kuman dari saluran udara), serta benzena yang meningkatkan risiko terjadinya kanker darah (leukemia).

Bahkan, CDC menyebutkan bahwa merokok adalah 90% penyebab kematian akibat kanker paru-paru. Adapun penyakit paru lain yang dapat terjadi akibat kebiasaan merokok adalah emfisema, bronkitis, dan PPOK (penyakit paru obstruktif kronis).

Sementara itu, kebiasaan merokok pada penderita diabetes juga dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi, seperti retinopati diabetik. Jika ingin menghentikan kebiasaan merokok untuk menjaga kesehatan jantung, cobalah kurangi frekuensi merokok secara bertahap, alihkan keinginan merokok dengan melakukan aktivitas lain, dan lakukan olahraga dengan rutin. (AM)