Manfaat Mencuci Mobil dengan Rutin

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 10 Februari 2024 21:46 WIB
Petugas steam sedang mencuci mobil. (Foto: MI/Nuramin)
Petugas steam sedang mencuci mobil. (Foto: MI/Nuramin)

Jakarta, MI - Merawat mobil dengan baik salah satunya bisa dilakukan dengan rutin mencuci mobil, baik dilakukan sendiri di rumah atau membawa mobil ke car wash. Cuci steam mobil aman untuk dilakukan secara rutin, apalagi jika mobil Anda sering digunakan untuk perjalanan jauh dan sering terkena air hujan. Air hujan yang bersifat asam dapat membuat mobil berkarat apabila dibiarkan tidak dicuci terlalu lama. Oleh karena itu, sebaiknya mobil dicuci setiap 2-3 minggu sekali atau setidaknya satu bulan sekali.

Jika anda malas mencuci mobil dengan cara manual atau melakukan-nya sendiri, anda bisa melakukan-nya dengan cara di steam atau car wash lebih efisien dan lebih cepat. Lantas, apa saja manfaat dari melakukan cuci steam mobil?

Menjaga bagian bawah mobil

Mobil bagian bawah biasanya sangat mudah sekali terkena kotoran karena menjadi bagian yang pertama terkena ketika harus melewati genangan air atau jalanan. Biasanya tanah atau kotoran yang ada di jalanan sangat mudah menempel ke sela-selanya.

Untuk mengatasinya, bisa membersihkannya dengan cara cuci steam mobil yang menggunakan air bertekanan tinggi, kotoran apapun yang menempel bisa terlepas dengan mudah. Hal ini penting sekali dilakukan karena kotoran yang menempel tersebut, jika dibiarkan terlalu lama bisa merusak bagian bawah mobil kesayangan.

Salah satu bagian mobil yang juga sering terdapat kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan adalah pada ban mobil itu sendiri. Terutama jika mobil baru melewati jalanan yang becek atau berlumpur. Tanah atau kotoran bisa saja masuk ke sela-sela ban mobil, yang pada akhirnya jika tidak dibersihkan akan menempel dan sulit dibersihkan. Kotoran tersebut juga bisa saja mengotori garasi rumah.

Membersihkan bagian dalam mobil

Saat Anda melakukan cuci steam di tempat pencucian mobil, bukan hanya bagian luar mobil saja yang dibersihkan, tapi juga bagian dalam mobil Anda. Bagian dalam mobil alias interior akan divakum secara menyeluruh hingga bersih. Sisa remah-remah makanan atau pasir yang terbawa masuk melalui sepatu juga akan dibersihkan hingga interior Anda terasa seperti mobil baru. Mobil pun menjadi lebih nyaman untuk dikendarai.

Membersihkan ban hingga ke sela-sela

Kelebihan cuci steam mobil selanjutnya adalah mampu membersihkan ban mobil hingga ke sela-sela ban. Air bertekanan tinggi yang digunakan saat cuci steam tentu lebih bisa mengangkat kotoran di sela ban dibandingkan air yang disemprotkan menggunakan selang biasa. Oleh sebab itu, cuci steam lebih direkomendasikan jika ban mobil Anda butuh dibersihkan secara menyeluruh.

Memperbaiki kualitas udara di dalam mobil

Mobil yang bersih secara maksimal hingga ke bagian dalam akan membuat kualitas udara di dalam mobil menjadi lebih baik. Tidak ada lagi debu yang ikut terhirup masuk ke dalam hidung jika Anda melakukan cuci steam mobil. Mobil Anda pun terasa lebih lega karena kualitas udara di dalam kabin yang jauh lebih baik.

Meskipun mencuci mobil dengan rutin dengan cara di steam, namun ada yang perlu anda harus ketahui
bagian-bagian apa saja yang Perlu dihindari saat Cuci Steam Mobil. Berikut ini adalah Bagian-bagian tersebut yang harus di hindarin yaitu:

Mesin dan komponen kelistrikan

Bagian mesin mobil terdiri atas berbagai komponen kelistrikan yang sebaiknya tidak terkena air apalagi air dengan semprotan bertekanan tinggi. Oleh karena itu, ketika cuci steam mobil sebaiknya hindari atau waspadai bagian mesin mobil dan bagian-bagian lain yang terdapat komponen kelistrikan. 

Cat mobil di bagian tertentu

Selain dapat merusak komponen kelistrikan mobil, air dengan semprotan bertekanan tinggi juga dianggap bisa merusak cat mobil. Tapi, tidak semua bagian mobil bisa rusak catnya akibat air bertekanan tinggi. Umumnya, cat cenderung tidak menempel kuat pada bagian-bagian yang terbuat dari bahan non metal, seperti pada bumper. Jadi, sebaiknya saat mencuci bagian bumper, gunakan air dengan semprotan biasa. Atau bisa juga tetap menggunakan alat kompresor, tapi disemprotkan dari jarak agak jauh agar semprotan air lebih menyebar. 

Sensor kendaraan

Bagian sensor kendaraan, seperti sensor parkir, sensor pada lampu, serta sensor lainnya, juga sebaiknya tidak disemprot dengan air bertekanan tinggi. Meskipun mobil keluaran terbaru sudah lebih tahan air dan bagian sensor juga dilindungi oleh seal karet, tapi tetap disarankan untuk tidak menyemprot secara langsung bagian ini dengan air bertekanan tinggi.

Lapisan antikarat

Selain lapisan cat, lapisan antikarat juga rawan terkikis apabila disemprot dengan air bertekanan tinggi. Lapisan ini juga rentan terkikis jika dibersihkan dengan cara disikat terlalu keras. Oleh karena itu, sebaiknya bagian ini dicuci dengan lebih gentle agar tidak cepat rusak. Nah, itu tadi pembahasan mengenai kelebihan cuci steam mobil dan bagian-bagian mobil yang sebaiknya dihindari ketika melakukan cuci steam. (AM)

Berita Terkait