Jarang Diketahui, 5 Makanan Ini Dapat Menunda Kehamilan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 Juli 2024 2 jam yang lalu
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Banyak pasangan yang ingin melakukan hubungan intim atau seksual, namun belum siap dan berencana untuk menunda kehamilan karena alasan tertentu. 

Untuk menunda kehamilan, selain menggunakan kontrasepsi bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan atau minuman.

Beberapa jenis makanan maupun minuman dapat berpotensi, mengurangi kemungkinan terjadinya peluang kehamilan.

Meskipun bukan metode kontrasepsi yang efektif, mengonsumsi makanan tertentu dapat mempengaruhi kesuburan yang memungkinkan untuk menunda kehamilan.

1. Makanan yang mengandung tinggi gula

Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula secara berlebihan, seperti permen, kue dapat meningkatkan gula darah dan mengganggu keseimbangan hormon insulin, sehingga memengaruhi ovulasi pada wanita dan produksi sperma pada pria dan bisa berdampak pada tertundanya peluang kehamilan.

2. Pepaya

Buah pepaya dinilai dapat menjadi salah satu makanan pencegah kehamilan. Biji pepaya diduga dapat menjadi KB alami, karena ekstrak biji pepaya dapat menurunkan motilitas (gerak sperma) yang dapat mengurangi kualitas sperma pria yang bisa berdampak pada peluang kehamilan kecil. 

Selain itu, buah pepaya memiliki kandungan karoten diketahui mampu meningkatkan kerja hormon estrogen dalam bantu melancarkan siklus haid yang tidak teratur.

3. Nanas

Buah nanas mengandung bromelain menyebabkan keseimbangan protein dalam tubuh terganggu, menimbulkan keluhan kram perut hingga perdarahan apabila dikonsumsi secara berlebihan. 

Namun, efektivitas buah nanas terutama nanas muda untuk menunda kehamilan juga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

4. Jahe

Mengonsumsi air rebusan jahe bisa membantu melancarkan siklus menstruasi. Selain itu, bahan alami ini juga memiliki sifat antioksidan yang bisa meredakan kram atau gejala lain yang muncul saat haid.

5. Kunyit

Kunyit diketahui mengandung senyawa yang memiliki efek serupa dengan hormon estrogen, dapat membantu melancarkan haid agar lebih teratur. Selain itu, kunyit juga memiliki kandungan kurkumin yang bersifat sebagai antiradang sehingga mampu bantu keluhan menstruasi.

Selain makanan, mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dalam jumlah berlebihan, seperti kopi, teh, minuman energi dapat menurunkan kesuburan wanita dan memengaruhi motilitas sperma pada pria. 

Oleh sebab itu bila sedang menjalani program kehamilan, hindari makanan dan minuman ini.