Berapa Jumlah Ideal Minum Air Putih Tiap Hari?

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 16 Juli 2024 2 jam yang lalu
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Meminum air putih atau air mineral idealnya sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari (total 2 liter), atau bisa lebih sesuai dengan aktivitas harian Anda.

Meminum air putih sesuai takaran, merupakan hal penting karena sebagian besar tubuh manusia, sekitar 70 persen terdiri dari unsur air, terutama pada darah, otak, ginjal dan paru-paru.

Dikutip dari bebagai sumber, berikut takaran minum air putih dalam sehari:

1. Jumlah takaran air putih berdasarkan tingkat aktivitas

• Aktivitas ringan
 
Biasanya, untuk aktivitas ringan seperti berkantor atau di rumah tanpa banyak aktivitas fisik, disarankan untuk konsumsi air putih sekitar 2 liter air atau setara dengan 8 gelas per hari guna mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

• Aktivitas sedang
 
Jika Anda melakukan aktivitas fisik sedang seperti berjalan kaki atau berkebun, disarankan untuk meningkatkan konsumsi air menjadi sekitar 2,5 liter per hari, atau setara dengan 10 – 12 gelas per hari.

• Aktivitas berat
 
Untuk aktivitas fisik yang intens seperti olahraga berat, pekerjaan fisik berat, atau cuaca panas yang menyebabkan banyak berkeringat, direkomendasikan untuk minum sekitar 3 liter air atau lebih per hari untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

2. Jumlah takaran air putih berdasarkan kondisi kesehatan

• Kehamilan atau menyusui

Selama kehamilan atau menyusui, kebutuhan akan air meningkat. Disarankan untuk minum lebih banyak air dari biasanya, terutama saat merasa haus. Konsultasi kesehatan Anda dengan dokter agar guna mendapatkan arahan dan jumlah takaran dari konsumsi air putih yang tepat.

• Penyakit kronis

Penyakit dengan kondisi seperti gagal ginjal atau penyakit jantung mungkin memerlukan pengaturan khusus dalam konsumsi cairan. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk rekomendasi yang tepat.

3. Jumlah takaran air putih berdasarkan kondisi berat badan

• 45kg – 65kg => 1,9 liter – 2,7 liter
• 70kg – 85kg => 2,9 liter – 3,7 liter
• 90kg – 100kg => 3,9 liter – 4,3 liter