Tilang Emisi Ditiadakan

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 2 November 2023 17:36 WIB
Razia Uji Emisi [Foto: Ist]
Razia Uji Emisi [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, kendaraan yang tak lolos uji emisi kini tidak ditilang.

"Iya, untuk ke depan jadi tidak ada penilangan," kata Latif kepada wartawan, Kamis (2/11). 

Latif menjelaskan, pihaknya akan melakukan evaluasi dan sosialisasi terhadap masyarakat mengenai uji emisi. Sehingga diharapkan pelanggaran terhadap uji emisi dapat berkurang.

"Jadi untuk sementara kami mengambil kebijakan mulai hari ini setelah evaluasi kemarin, kami akan melakukan lebih masif lagi tentang sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat. Jadi tidak penilangan," jelasnya. 

Menurutnya, dalam melakukan tindakan kepolisian tidak serta merta mengedepankan penegakkan hukum, tapi kita juga melihat tentang kondisi masyarakat dan pemahaman masyarakat, terhadap aturan tersebut. 

Adapun alasan dihilangkannya kebijakan itu, lantaran tilang emisi tidak efektif.

"sehingga kami setelah 1 hari kemarin melakukan penilangan kita evaluasi, nah ternyata tilang ini mungkin kurang efektif," ungkapnya.

Sementara, bagi masyarakat yang sudah kena tilang uji emisi, Latif mengatakan, tidak ada toleransi, meski pihaknya memberhentikan razia

"Ya tidak apa-apa, yang kemarin tetep, kalau sudah ditilang ya sudah ditilang. Tapi setelah evaluasi satu hari kemarin, kan kita evaluasi. Tetapi ternyata masyarakat masih butuh sosialisasi kembali," ujarnya.

"Perlu pemahaman kembali tentang pentingnya uji emisi itu," tandasnya.