2 Wilayah Jakarta Banjir Usai Diterpa Hujan Lebat

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 5 November 2023 08:38 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Hujan lebat yang terjadi pada Sabtu (5/11) malam, mengakibatkan sejumlah wilayah di ibu kota DKI Jakarta mengalami kenaikan genangan air. 

Tercatat total empat RT dari dua wilayah, yakni Jakarta Selatan dan Jakarta Barat tergenang.

Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adjie mengungkapkan saat ini 4 RT atau 0,013 % dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta, mengalami genangan air. 

Adapun penyebab adanya genangan air, dikarenakan curah hujan tinggi yang terjadi pada Sabtu malam.

"Untuk wilayah Jakarta Selatan, terdapat dua RT yang terjadi di Kelurahan Cilandak Timur. Ketinggian permukaan air yakni 55 Centimeter," kata Isnawa dalam keterangannya, Minggu (5/11).

Sementara untuk wilayah Jakarta Barat, Isnawa mengatakan terjadi genangan air di kelurahan Sukabumi Selatan dengan total dua RT yang terdampak.

 "Ketinggian permukaan genangan air yakni 30 centimeter di Kelurahan Sukabumi Selatan, Jakarta Barat," ujarnya.

Untuk jalan lalu lintas yang mengalami genangan air, lanjut Isnawa, yakni di satu ruas jalan Pelabuhan Muara Batu, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, dengan ketinggian genangan 10 centimeter.

Sementara itu, wilayah Jakarta yang sudah surut dari genangan air yakni di Kelurahan Kuningan Barat dengan total 2 RT dan Kelurahan Cipedak yakni 1 RT.

Kemudian untuk ruas jalan yang telah surut dari genangan air yakni Jalan Pondok Karya RW 004, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. 

Lalu ruas jalan yang telah surut lainnya yakni Jalan Harun Raya, Kelurahan Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.