Stadion Mewah JIS Banjir, Begini Respons Pj Gubernur Heru Budi

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 15 November 2023 13:25 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono [Foto: Instagram]
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, merespons banjir yang melanda Jakarta International Stadium (JIS), pada Selasa (14/11) malam. 

Heru mengaku, sudah memerintahkan jajarannya dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk melakukan pembenahan, terhadap persoalan banjir di stadion JIS.

"Soal JIS banjir pertama saya barusan tadi sudah tadi pagi memerintahkan SDA untuk saluran disekitar JIS diperhatikan," kata Heru kepada wartawan, di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Rabu (15/11).

Dijelaskan Heru, adapun penyebab banjir, karena ada sejumlah kabel yang menghalangi saluran air drainase di JIS. Hal itu, membuat sejumlah titik di area sekitar JIS mengalami banjir. 

"Kedua, sesuai jawaban dari pak Dirut Jakpro ada beberapa kabel yang menghalangi aliran air," tandasnya.

Sebelumnya, Jakarta International Stadium (JIS) dilanda banjir, pada Laga Grup C Piala Dunia U-17 2023 antara Inggris melawan Iran, pada Selasa (14/11) malam.

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak pertandingan tetap berjalan normal tanpa dihentikan, meski rumput lapangan basah terkena hujan. 

Namun, ada sejumlah hal lain yang dianggap dapat mengganggu kenyamanan penonton. Dalam video yang dibagikan akun @jakut.info, terlihat atap Stadion JIS diduga bocor atau tempias, sehingga para penonton khususnya di tribun bawah terganggu.

Selain itu, ada juga video yang memperlihatkan, para suporter sedang melintas di dekat Stadion JIS sembari membuka sepatu dan sandalnya karena banjir.  

"Hujan deras yang melanda Wilayah Jakarta Utara pada malam hari ini membuat disekitaran JIS tergenang air. Terlihat beberapa supporter membuka sepatu dan sandal nya. Selasa, 14 November 2023. Via @infopriok," tulis akun Instagram jakut.info.

Postingan itu pun, dibanjiri beragam komentar dari warganet.

"Wkwkwk yang penting jadi dulu stadion nya, yang lain mah ora dipikirin," tulis @joedull_4.

"Bukankah JIS ini selalu menjadi kebanggaan, why oh why," timpal @ranno_rachman.

"Buset, kayak di sawah. Ini mah harus copot sepatu. Nyeker adalah kunci,” timpal @infosuporter.

Sebagai informasi, laga Timnas U-17 Inggris vs Iran berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Three Lions. Kemenangan ini, semakin mengokohkan posisi mereka di puncak klasemen sementara grup C dengan 6 poin dari 2 laga.