Simulasi Kebekerjaan SMK Multimedia Sumbangsih Jakarta: Menambah Wawasan Siswa Dalam Bidang Dunia Kerja

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 2 Februari 2024 11:39 WIB
Seorang siswi sedang diuji oleh gurunya, seolah menjadi sosok pelamar kerja di suatu perusahaan. (Foto: MI/Gatot Eko Cahyono)
Seorang siswi sedang diuji oleh gurunya, seolah menjadi sosok pelamar kerja di suatu perusahaan. (Foto: MI/Gatot Eko Cahyono)

Jakarta, MI - Para siswa kelas X dan XI SMK Multimedia Sumbangsih Jakarta, semua jurusan (animasi dan DKV) mendapat tugas simulasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema "Kebekerjaan", Rabu (31/1).

Dalam tugas ini para siswa masing-masing ditugaskan membuat CV, protofolio (berisi contoh karya) dan surat lamaran bekerja secara resmi. Jadi ini semacam simulasi seolah-olah para siswa sedang melamar pekerjaan dengan ijazah dan skill atau keahlian di bidangnya, sehingga para siswa memperoleh wawasan praktis dari para pembimbingnya. 

Para siswa satu-persatu dipanggil seolah menghadap kepala HRD atau Kepala personalia sebuah perusahaan tertentu, yang mereka lamar untuk bekerja. Para pengujinya adalah dari para guru-guru yang ditunjuk oleh panitia P5 . 

Banyak ujian pertanyaan dari para penguji yang dilontarkan kepada siswa, misalnya: Bidang apa yg merasa kamu paling bisa mengerjakan ? Kenapa kamu tidak memilih kuliah dulu, setelah lulus baru bekerja ? Dan lain-lain.

Beberapa siswa memberi tanggapan tentang kegiatan tersebut dengan positip.

Salah satu siswa (tidak mau disebut namanya) mengatakan "tugas simulasi seperti ini sangat bermanfaat positif manakala nanti saya menghadapi tantangan nyata dalam mencari dunia kerja nyata di lapangan, sehingga saya merasa mendapat wawasan dan  tambahan Ilmu dalam dunia kerja."

(Gatot Eko Cahyono)