Kantor LBHI Jakarta Kebakaran, Ada Ledakan dari Blower AC

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 8 April 2024 00:18 WIB
Kantor LBHI Jakarta Pusat (Jakpus) kebakaran, Minggu (7/4/2024) malam
Kantor LBHI Jakarta Pusat (Jakpus) kebakaran, Minggu (7/4/2024) malam

Jakarta, MI - Kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Jakarta terbakar pada Minggu (7/4/2024) malam. Kantor yang berada di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus) itu dilanda kebakaran sekitar pukul 22.20 WIB.

Kapolres Jakarta Pusat Komisaris Besar Susatyo Purnomo Condro mengatakan awalnya saksi melihat dan mendengar ledakan dari blower AC yang berada di lantai dua. “Bunyi ledakan sebanyak tiga kali. Saksi berteriak adanya kebakaran,” kata Susatyo saat dikonfirmasi.

Usai mengabakarkan kebakaran itu, kata dia, saksi langsung melaporkan ke Unit Pemadam Kebakaran yang berada di Taman Ismail Marzuki. Ketika kebakaran terjadi, Susatyo menyebut gedung dalam keadaan kosong. “Kantor dalam keadaan tidak ada orang,” jelasnya.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dan belum jelas soal nilai kerugian material. Pantauan di lokasi, lampu di gedung YLBHI itu padam usai pemadam kebakaran Pos Pegangsaan Menteng memadamkan api itu. Di kawasan gedung telah berjaga enam mobil pemadam kebakaran.

Salah petugas menyebut belum mengetahui pasti asal dari api yang membakar gedung itu.  “Belum jelas,” singkatnya.

Sementara itu Kadis Gulkarmat Jakarta, Satriadi Gunawan, mengatakan kebakaran diduga akibat korsleting AC di lantai 2 dan sempat terlihat ledakan. "Pemilik warung kelontong melihat terjadi ledakan di lantai 2 yang disebabkan oleh outdoor AC," jelas Satriadi dalam keterangannya.
 
Pihaknya pun mengerahkan enam unit Damkar ke lokasi untuk mempercepat proses pemadaman.