Penampakan Kantor LBHI Jakarta yang Kebakaran

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 8 April 2024 00:37 WIB
Penampakan kantor LBHI Jakarat kebakaran pada Minggu (7/4/2024) malam
Penampakan kantor LBHI Jakarat kebakaran pada Minggu (7/4/2024) malam

Jakarta, MI - Kebakaran melanda Kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (7/4/2024) sekitar pukul 22.20 WIB.

Kebakaran itu terjadi diduga karena korsleting listrik. "Pemilik warung klontong melihat terjadi Ledakan di lantai 2 yang di sebabkan oleh outdoor AC api langsung dengan cepat menjalar ke lantai 3 dan 4," tulis laporan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Hingga kini, belum dapat diketahui berapa kerugian akibat insiden kebakaran tersebut. Jumlah korban jiwa juga bekum diketahui. 

https://www.monitorindonesia.com/storage/news/image/kebakaran-ylbi-jakarta.jpg
Suasan kantor LBHI Jakarta yang kebakaran pada Minggu (7/4/2024) malam

 

Sementara itu, Kapolres Jakarta Pusat Komisaris Besar Susatyo Purnomo Condro mengatakan awalnya saksi melihat dan mendengar ledakan dari blower AC yang berada di lantai dua. Dia menyebut ledakan itu terjadi beberapa kali. “Bunyi ledakan sebanyak tiga kali. Saksi berteriak adanya kebakaran,” kata Susatyo saat dikonfirmasi.

Menurutnya, usai berteriak dan mengabarkan ke warga sekitar, saksi langsung melaporkan ke Unit Pemadam Kebakaran yang berada di Taman Ismail Marzuki. Ketika kebakaran terjadi, Susatyo menyebut gedung dalam keadaan kosong. “Kantor dalam keadaan tidak ada orang,” katanya.

Sebanyak enam mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Salah petugas menyebut belum mengetahui pasti asal dari api yang membakar gedung itu.  “Belum jelas,” katanya.

Sementara itu Kadis Gulkarmat Jakarta, Satriadi Gunawan, mengatakan kebakaran diduga akibat korsleting AC di lantai 2 dan sempat terlihat ledakan.

"Pemilik warung kelontong melihat terjadi ledakan di lantai 2 yang disebabkan oleh outdoor AC," jelas Satriadi,