Cegah Jambret di Jakarta Internasional Marathon 2024, 2.400 Satpol PP dan 1.500 Dishub Dikerahkan

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 20 Juni 2024 21:39 WIB
Haru Budi Hartono (Foto: Istimewa)
Haru Budi Hartono (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana akan mengerahkan ribuan aparat untuk mengamankan acara Jakarta Internasional Marathon yang akan digelar, Minggu (23/6/2024). 

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Haryono, mangatakan bahwa sesuai hasil rapat sebelumnya, pihaknya akan menurunkan tramtib (Satpol PP) DKI kurang lebih 2.400 orang, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI sebanyak 1.500 anggota.

Sebelumnya, Heru telah meminta Dishub dan Satpol DKI Jakarta melakukan koordinasi dengan fotografer terkait kasus penjambretan di car free day (CFD). 

"Saya minta fotografernya kan ada nomor polisinya, nanti Dishub berkoordinasi dengan Satpol PP," ujar Heru. 

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu heran soal adanya aksi penjambretan di area CFD Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. 

Pasalnya, komplotan jambret tersebut melakukan aksinya menggunakan sepeda motor. Harusnya, area tersebut bebas dari kendaraan bermotor.

Saksi mata menyebutkan, komplotan penjambret itu berjumlah dua orang, tertangkap kamera fotografer di kawasan CFD di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (16/6/2024).

Dalam kaitan kasus jambret itu, Heru Budi mengaku merasa heran. Kenapa penjahat itu bisa masuk area padahal ada larangan kendaraan masuk ke CFD. Tapi penjahat itu lolos masuk dengan sepeda motor foto-foto jambret di CFD tersebut.

Kejadian itu diunggah pada akun media sosial Instagram milik sang fotografer @asnanfoto dan viral di media sosial. Namun, Polisi belum berhasil menangkap pelaku jambret itu. 

"Belum tertangkap. Sedang dalam pengejaran," kata Kapolsek Metro Tanah Abang, AKBP Aditya Simanggara Pratama, Selasa kemarin. 

Kendati demikian, Aditya memastikan bahwa kepolisian sudah mengantongi identitas terduga pelaku. 

"Kita sudah mengantongi yang diduga pelaku," jelas Aditya. (Sar)