Penyidikan Kasus Kebakaran Gedung Cyber 1 Disetop, Ada Apa?

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 28 Juli 2024 2 jam yang lalu
Peristiwa kebakaran terjadi di lantai dua Gedung Cyber, Jalan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Kamis, 2 Desember 2021. (Foto: Istimewa)
Peristiwa kebakaran terjadi di lantai dua Gedung Cyber, Jalan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Kamis, 2 Desember 2021. (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Penyidikan kasus kebakaran Gedung Cyber 1 yang mengakibatkan dua korban meninggal dunia telah dihentikan. Informasi mengenai terbitnya Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) dikonfirmasi oleh sumber terpercaya di kepolisian.

"Ya, benar, kasus kebakaran itu sudah keluar surat SP3-nya," ujar sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya dikutip Minggu (28/7/2024).

Namun, ketika ditanya mengenai waktu pasti keluarnya SP3 tersebut, sumber tersebut mengaku tidak mengetahui secara pasti. Sumber itu menambahkan bahwa jika penyidikan kasus ini belum tuntas, seharusnya tidak dihentikan. "Seharusnya, kalau penyidikan belum selesai, jangan dihentikan," katanya.

Peristiwa kebakaran terjadi di lantai dua Gedung Cyber, Jalan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Kamis, 2 Desember 2021.

Kebakaran ini mengakibatkan dua pelajar yang sedang menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) kehilangan nyawa. Kedua siswa dari SMK Taruna Bhakti Depok, Jawa Barat, yaitu Muhammad Redzuan Khadafi dan Seto Fachrudin, tewas akibat keracunan asap karbon monoksida (CO) karena terjebak di dalam ruangan server.

Selain itu, kebakaran ini juga menyebabkan gangguan pada beberapa layanan internet, termasuk aplikasi Ajaib, IPOT, layanan web Niagahoster, Rumahweb Indonesia, Shopee, RuangGuru, Mtix, dan game Ragnarok.

Bahkan, layanan call center 112 dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta juga tidak dapat diakses. Insiden kebakaran ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Gedung Cyber 1. Kebakaran serupa sebelumnya terjadi di lantai 11 pada tahun 2014 dan setahun kemudian di lantai delapan.