Program JAKONIK Bawa Bank DKI Raih Penghargaan Anugerah ESG 2024 IDX Channel

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 28 Juli 2024 2 jam yang lalu
Program JAKONIK Bawa Bank DKI Raih Penghargaan Anugerah ESG 2024 IDX (Foto: Dok Bank DKI)
Program JAKONIK Bawa Bank DKI Raih Penghargaan Anugerah ESG 2024 IDX (Foto: Dok Bank DKI)

Jakarta, MI - Program unggulan Bank DKI yakni Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK) masuk kategori masuk unggulan dalam penerapan tujuan dari Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) poin 1 yaitu mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk di mana pun; poin 2 menciptakan kondisi tanpa kelaparan; dan poin 15 meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan.

Direktur Utama (Dirut) Bank DKI, Agus H. Widodo, dalam keterangan resminya menjelaskan, selain sebagai entitas bisnis, Bank DKI turut berperan sebagai fasilitator pertumbuhan dan penyetaraan ekonomi masyarakat di DKI Jakarta.

"Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diimplementasikan di Bank DKI juga menitikberatkan pada tujuan memperkuat komunitas lokal dan meningkatkan kesejahteraan kualitas hidup masyarakat," kata Agus, di Jakarta, Minggu (28/7/2024).

JAKONIK merupakan program CSR unggulan Bank DKI yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014. JAKONIK melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengembangkan kebun hidroponik yang berbasis pemberdayaan masyarakat.

Jakarta koperasi hidroponik telah memiliki sebelas kelompok anggota di wilayah rusun di Jakarta. Yaitu di Rusun Jatinegara Kaum, KS tubun, Jati Rawasari, Daan Mogot, Cipinang Besar Selatan, Pondok Bambu, Tipar Cakung, Tamborawa Tower, Pulo Gebang, Rusunawa Pasar Rebo, dan yang terbaru di RPTRA Cibubur Berseri.

Para anggota JAKONIK telah mendapat pelatihan dan bimbingan untuk meningkatkan hasil panen dan mengelola bisnis hidroponik secara komprehensif, mulai dari hulu hingga hilir, mulai dari pusat pemasaran hidroponik, pendamping usaha, penyedia edukasi, serta fasilitator untuk kebutuhan seperti pupuk, bibit, dan peralatan.

IDX Channel Anugerah ESG 2024 merupakan ajang apresiasi bagi perusahaan-perusahaan dan eksekutif puncak yang berdedikasi dalam implementasi bisnis berkelanjutan di Indonesia.

Beberapa indikator yang dijadikan kriteria penilaian, diantaranya aspek ESG Performance, Strategy & Policy, ESG Reporting, Leadership Commitment, dan Stakeholder Participation.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menambahkan, sebagai salah satu program CSR unggulan dari Bank DKI JAKONIK diharapkan dapat memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat sekitar bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan menggerakkan perekonomian lokal.

"Keberhasilan Jakonik telah terbukti efektif dalam mengurangi kesenjangan sosial dan secara menyeluruh meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ungkap Arie. (Sar)