Ribuan Aparat Dikerahkan Kawal Prabowo-Gibran

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 25 Oktober 2023 08:32 WIB
Ribuan aparat dikerahkan untuk mengamankan proses pendaftaran capres-cawapres Prabowo-Gibran. [Foto: MI/Dhanis]
Ribuan aparat dikerahkan untuk mengamankan proses pendaftaran capres-cawapres Prabowo-Gibran. [Foto: MI/Dhanis]

Jakarta, MI - Pendaftaran pasangan bakal capres-cawapres, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk Pilpres 2024 dijadwalkan hari ini, Rabu (25/10) pukul 10.00 WIB.

Sebanyak 4.325 personel aparat gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan proses pendaftaran Prabowo-Gibran. 

"Kita kerahkan 4.325 personel (untuk pengamanan)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan. 

Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) dan pengalihan arus untuk mengantisipasi dampak kemacetan. Rekayasa lalin dan pengalihan arus ini diberlakukan di sekitar kompleks GBK dan Kantor KPU.

Sebelum ke KPU, Prabowo-Gibran beserta Koalisi Indonesia Maju (KIM) diagendakan akan bertemu para pendukungnya di Indonesia Arena kawasan GBK. 

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas yang diterapkan Polda Metro Jaya, di sekitar Kantor KPU RI:

Kendaraan yang datang dari arah bundaran HI yang akan menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan

Kendaraan yang datang dari arah Jalan H Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI

Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan HOS Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro

Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan HOS Cokroaminoto. (DI)