Profil Amran Sulaiman yang Dikabarkan akan Dilantik Jadi Mentan

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 25 Oktober 2023 09:12 WIB
Amran Sulaiman [Foto: Facebook/Andi Amran Sulaiman]
Amran Sulaiman [Foto: Facebook/Andi Amran Sulaiman]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Menteri Pertanian (Mentan) pengganti Syahrul Yasin Limpo, pada hari ini, Rabu (25/10). Pelantikan akan digelar di Istana Negara, Jakarta.

Selain Mentan, Jokowi juga akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), serta Duta Besar RI untuk Republik Argentina.

Adapun Amran Sulaiman dikabarkan akan dilantik menjadi Mentan, menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang terjerat kasus dugaan korupsi. 

Profil Amran Sulaiman 

Andi Amran Sulaiman lahir di Bone, Sulawesi Selatan, pada 27 April 1968. Dia pernah menjabat sebagai Mentan periode 2014 hingga 20 Oktober 2019.

Amran merupakan lulusan Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (1988-1993), Pasca Sarjana Pertanian Unhas (2002-2003) dan doktor Ilmu Pertanian Unhas (2008-2012).

Amran sempat bekerja di perusahaan Pelat Merah PTPN XIV pada 1997. Ia juga pernah menjabat Kepala Bagian Logistik di PTPN hingga akhirnya mengundurkan diri. 

Setelah itu, Amran pun mendirikan bisnisnya sendiri, yang meliputi Tambang Emas, Tambang Nikel, Proyek Gula, Proyek Perkebunan Kelapa Sawit, SPBU, Distributor Unilever, Distributor Semen, Produsen Pestisida, dan usaha lainnya.  

Adapun lini bisnis tersebut di bawah naungan PT Tiran Group yang dipimpin oleh Amran.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkan reshuffle kabinet akan dilakukan hari ini. Ia mengatakan pelantikan akan digelar di Istana Negara, Jakarta.

"Pagi ini, Bapak Presiden akan melantik Menteri Pertanian untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Kepala Staf Angkatan Darat dan Duta Besar RI untuk Republik Argentina," ujar Ari kepada wartawan, Rabu (25/10).

Meski demikian, Ari enggan membeberkan nama-nama pejabat yang akan dilantik sebagai Menteri Pertanian, KSAD maupun Duta Besar tersebut.

Ia pun meminta awak media menunggu hingga menjelang pelantikan dilaksanakan pukul 09.00 WIB. 

"Tunggu nanti jam 9.00 WIB ya," ujarnya.