Waktu Tunggu LRT Kini Molor 1 Jam

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 28 Oktober 2023 22:39 WIB
LRT Jabodetabek Bekasi Line (Foto : Wikipedia )
LRT Jabodetabek Bekasi Line (Foto : Wikipedia )

Jakarta, MI - Di tengah penurunan jumlah set kereta yang dioperasikan, Divisi LRT Jabodebek mengatakan jarak kedatangan kereta atau headway saat ini menjadi 1 jam.

Menurut  Kuswardoyo, Manager Public Relations LRT Jabodebek kepada Wartawan (28/10), saat ini LRT hanya menjalankan 9 set kereta api dari total 31 set kereta api yang ada. Menurutnya, kondisi delapan belas set kereta api saat ini adalah bahwa rodanya mengalami keausan dan memerlukan perawatan pembubaran roda.

Sementara empat set kereta api lainnya sedang diperbaiki, dua di antaranya masih di PT Industri Kereta Api (INKA) karena tabrakan tahun lalu. Dua set kereta api lainnya sedang dalam proses sinkronisasi antara pintu dan sarana.

Kuswardoyo juga  mengatakan, "Kami saat ini menjalankan sebanyak 9 TS sehingga kami mengatur perjalanan pada hari kerja dengan mengurangi frekwensi pada jam non peak di antara jam 10.00-15.00, keberangkatannya menjadi sekitar 1 jam, dan keberangkatan terakhir menjadi jam 20.12."

"Jadi kami mengatur ulang jadwal perjalanan dengan mengurangi jam non peak maka keberangkatan di jam tersebut menjadi 1 jam," tambahnya.

Meskipun sebelumnya LRT Jabodebek beroperasi dengan 16 set kereta, headwaynya hanya sekitar 15 menit. Masalah keausan roda baru muncul setelah LRT Jabodebek beroperasi secara komersial, jelas Kuswardoyo. karena pihaknya tidak mempersiapkan diri untuk menangani masalah itu.

Kuswardoyo juga menjelaskan bahwa setelah mengetahui masalah tersebut, dia langsung memesan 1.000 roda LRT Jabodebek kepada PT Industri Kereta Api (INKA). Dia berharap 1.000 roda tersebut tiba di Depo LRT Jabodebek secara bertahap sebelum Januari 2023. (Ran)