Joko Widodo Targetkan Bandara IKN Bisa Digunakan Juni 2024

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 1 November 2023 10:49 WIB
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara VVIP IKN, Rabu (1/11). [Foto: YT/@SekretariatPresiden]
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara VVIP IKN, Rabu (1/11). [Foto: YT/@SekretariatPresiden]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo menargetkan Bandar Udara Ibu Kota Nusantara (Bandara IKN), bisa beroperasi penuh pada Desember 2024 mendatang. 

Hal itu disampaikan Joko Widodo, dalam siaran langsung YouTube @SekretariatPresiden, usai resmi melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan bandara IKN, Rabu (1/11/2023).

"Hari ini kita segera akan melakukan groundbreaking pembangunan Bandar Udara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ditargetkan akan beroperasi penuh pada Desember 2024," kata Joko Widodo di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Rabu (1/11).

Dijelaskan Joko Widodo, bahwa pembangunan Bandara IKN ditargetkan selesai dan sudah dapat digunakan pada Juni 2024, namun resmi operasional pada Desember 2024.

Menurutnya, kehadiran Bandara IKN sangat penting seiring dengan padatnya kegiatan dan mobilitas orang, begitu juga barang dari dan menuju IKN.

“Bandara IKN dibangun khusus untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di IKN,” jelasnya.

Jokowi juga mengatakan, Bandara IKN dilengkapi terminal seluas 7.530 meter persegi, sehingga penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik.

Ia meyakini Bandara IKN dapat meningkatkan daya saing, mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong pengembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang dalam proses.

“Dengan total luas 347 hektare dan "runway" sepanjang 3.000 x 45 meter, Bandara IKN dapat melayani pesawat berbadan lebar (wide body),” tandasnya.