Hari Ini Joko Widodo Groundbreaking Bandara VVIP IKN

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 1 November 2023 09:36 WIB
Presiden Joko Widodo [Foto: YouTube/@SekretariatPresiden]
Presiden Joko Widodo [Foto: YouTube/@SekretariatPresiden]

Jakarta, MI -  Presiden Joko Widodo akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan bandara very very important person (VVIP) Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Rabu (1/11).

Dalam kunjungannya, Presiden kembali meninjau progres pembangunan dan melakukan groundbreaking sejumlah infrastruktur.

Salah satu yang akan menjadi lokasi peninjauan Joko Widodo adalah, proyek pembangunan jalan tol yang nantinya akan menghubungkan Kota Balikpapan dengan kawasan IKN.

Selain itu, Joko Widodo juga diagendakan untuk melakukan groundbreaking sejumlah infrastruktur, diantaranya, rumah sakit, dan sekolah.

Di akhir kunjungan hari keduanya, Joko Widodo bersama rombongan akan bermalam di kawasan IKN.

Dalam kunjungan kerjanya, Joko Widodo didampingi  Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan bandara very very important person (VVIP) Ibu Kota Nusantara (IKN), pada 1 November 2023 mendatang. 

“[Groundbreaking] untuk Bandara sudah siap. Tanggal 1 mungkin, 1 November. Jadi 1 November, [Jokowi] sambil groundbreaking VVIP Bandara,” kata Basuki kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/10). 

Lebih lanjut, dengan melakukan peletakan batu pertama, Basuki berharap pembangunan bandara VVIP, bisa mempercepat masuknya investor di IKN. Menurutnya, kehadiran bandara VVIP, akan lebih memudahkan pemasok modal untuk melihat langsung keadaan IKN dengan lebih efektif dan efisien. 

"Ya, lebih cepat investor masuk karena lebih dekat [sampai di IKN]," ujarnya.

"Jadi orang bisa masuk situ langsung deh langsung tiba di IKN kan," tandasnya.