Ini Pesan Laksamana Yudo Margono ke Calon Panglima TNI Baru

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 1 November 2023 20:33 WIB
Panglima TNI Yudo Margono [Foto: Instagram]
Panglima TNI Yudo Margono [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Laksamana TNI Yudo Margono memberikan pesan kepada calon penggantinya sebagai Panglima TNI. 

Yudo berharap, Panglima yang akan menggantikan dirinya, dapat menjaga soliditas dan profesionalisme tiga matra di TNI yakni darat, laut, dan udara. Harapan itu bukan hanya dari dirinya, tetapi menjadi asa seluruh pihak.

“Tentunya ya harapan kami selaku Panglima TNI yang sebentar lagi pensiun dan sudah ada penggantinya di belakang saya. Jadi, saya mengharapkan TNI tetap solid, TNI yang profesional, modern, tangguh sehingga dalam menghadapi setiap ancaman apapun TNI akan siap,” kata Panglima TNI Yudo Margono kepada wartawan, di Cibitung, Jawa Barat, Rabu (1/11).

“Saya yakin ini bukan harapan saya (saja), tetapi harapan semua. TNI pasti sama ya harus TNI yang profesional, modern, tangguh, dan solid, khususnya TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara, karena di dalam satu wadah organisasi operasi gabungan TNI,” tambahnya.

Seperti diketahui, Laksamana TNI Yudo Margono resmi menjabat sebagai Panglima pada Desember 2022 dan dia pensiun pada akhir 1 Desember 2023 atau beberapa hari setelah berusia 58 tahun.

Pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI) mengatur perwira TNI pensiun pada usia 58 tahun, sementara bintara dan tamtama pada usia 53 tahun.