Lucia Rizka Andalucia Gantikan Penny Lukito Sebagai Kepala BPOM

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 6 November 2023 18:27 WIB
Penny K Lukito (Foto: Dok MI)
Penny K Lukito (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI -  Lucia Rizka Andalucia menggantikan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Penny K Lukito yang telah resmi mengakhiri masa jabatannya periode 2016-2023. Lucia Rizka Andalucia saat ini masih berstatus sebagai pelaksana tugas (Plt).

Penny Lukito berpengalaman sebagai pegawai negeri sipil (PNS) selama 30 tahun, menjadi bagian dari Bappenas dan memimpin BPOM RI lebih dari 7 tahun membuat Penny tak ingin berhenti berkarya. Lepas dari jabatannya sabagai Kepala BPOM, Penny ingin tetap berkontribusi pada keamanan obat dan makanan.

Selama menjadi Kepala BPOM, Penny berani menolak izin untuk sejumlah obat, vaksin, yang belum jelas keamanan dan efektivitasnya. Ia mengaku setiap langkah tidak lepas dari keyakinannya, akan bantuan Tuhan selama berada di jalan yang benar.

"Mungkin banyak yang bertanya ya, kenapa Bu Penny kok bisa begitu beraninya? Tidak ada rasa takut selama kita pegang kebenaran untuk masyarakat banyak, kan ada data bukti," kata Penny kepada wartawan, Senin (6/11).

"Ada tim expert yang mendukung, jadi walaupun pengambilan keputusan di saya, saya tidak bisa mengambil keputusan tidak dengan berbasis data," tambahnya.

Penny pun juga mengaku posisi strategis sebagai Kepala BPOM RI, tidak lepas dari conflict of interest dan kepentingan politik. Namun, dirinya selalu berpedoman pada keamanan dan kesehatan warga negara Indonesia. (An)

Berita Terkait