Joko Widodo Berangkat ke Riyadh Bahas Situasi Gaza

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 10 November 2023 22:51 WIB
Presiden Joko Widodo [Foto: YT/@SekretariatPresiden]
Presiden Joko Widodo [Foto: YT/@SekretariatPresiden]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo berangkat menuju Riyadh, Arab Saudi, untuk melakukan kunjungan kerjanya, menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Jumat (10/11) malam ini.

KTT OKI, akan membahas kondisi di Gaza, Palestina, yang diserang Israel.

"Malam ini saya bersama-sama dengan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan ke Riyadh, Arab Saudi, untuk menghadiri KTT Luar Biasa OKI yang akan membahas mengenai situasi di Gaza," kata Joko Widodo melalui  siaran YouTube Setpres, Jumat (10/11).

Jokowi diketahui, berangkat dari Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Ia mengatakan KTT OKI, sebagai upaya menghentikan serangan Israel terhadap warga Palestina.

"KTT ini sangat penting artinya sebagai upaya tambahan, untuk menghentikan serangan Israel atas bangsa Palestina,” ujarnya.

“Saya akan pertegas seruan agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusia dapat diperbesar," tambahnya.

Dijelaskan Joko Widodo, usai pertemuan KTT OKI, dirinya dan rombongan akan menuju Washington DC, Amerika Serikat (AS), untuk bertemu dengan Presiden AS Joe Biden. 

Pertemuan itu, untuk menyuarakan sikap Indonesia mengenai Gaza.

"Dari KTT OKI di Riyadh, saya akan melanjutkan Washington DC pada tanggal 12 November,” jelasnya.

“Kunjungan ini merupakan kesempatan baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza dengan Presiden Joe Biden," tandasnya.