Joko Widodo Rangkul Presiden Palestina di KTT OKI

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 11 November 2023 22:38 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam forum KTT Luar Biasa OKI di Riyadh [Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden]
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam forum KTT Luar Biasa OKI di Riyadh [Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo memeluk penuh haru Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), di King Abdulaziz International Convention Center, Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu (11/11) waktu setempat.

KTT Luar Biasa OKI diadakan, sebagai respons terhadap krisis di Gaza, Palestina, sebagai akibat dari agresi yang brutal oleh Israel.

Dalam foto yang dibagikan oleh Biro Pers Sekretariat Presiden di Jakarta, tampak Joko Widodo mengungkapkan kekhawatiran mendalamnya, terhadap peristiwa yang tengah berlangsung di Palestina.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo tiba di Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu (11/11 sekitar pukul 04.40 waktu setempat, setelah melakukan perjalanan selama sekitar 11 jam dari Indonesia.

Setelah meninggalkan Riyadh, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Washington DC, Amerika Serikat, pada 12 November 2023, untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden.

Pertemuan bilateral dengan Joe Biden, akan digunakan Joko Widodo untuk menyuarakan sikap tegas Indonesia terkait Gaza, daerah konflik di Palestina.

"Kunjungan ini (pertemuan dengan Joe Biden) merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan langsung hasil KTT OKI di Riyadh, yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI dalam membela keadilan dan kemanusiaan," kata Joko Widodo, Jumat (10/11).