Letjen Maruli Simanjuntak Resmi Dilantik Jadi KSAD

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 29 November 2023 14:15 WIB
KSAD Maruli Simanjuntak [Foto: YT/@SekretariatPresiden]
KSAD Maruli Simanjuntak [Foto: YT/@SekretariatPresiden]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo resmi melantik Letjen Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Rabu (29/11). Ia akan, menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang baru saja menjadi Panglima TNI.

Pelantikan Maruli itu ditandai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat. Sebelum resmi dilantik, Maruli mengucapkan sumpah jabatan sesuai agamanya yang dipandu oleh Presiden Jokowi.

"Demi Tuhan saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," demikian sumpah jabatan yang diucapkan Maruli, Rabu (29/11).

Dengan jabatan barunya itu, Maruli pun naik pangkat dari Letnan Jenderal (bintang tiga) menjadi Jenderal (bintang empat).

Acara pelantikan itu, turut dihadiri Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto.

Kemudian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menkopolhukam Mahfud MD, Mendagri Tito M Karnavian, Ketua Komisi I Meutya Hafid, Wakil Ketua MPR Syarief Hasan dan Yandri Susanto.