Presiden Joko Widodo Bertolak ke UAE Hadiri COP28

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 30 November 2023 10:10 WIB
Presiden Joko Widodo Bertolak ke UAE Hadiri COP28, Kamis (30/11). [Foto: YT/@SekretariatPresiden]
Presiden Joko Widodo Bertolak ke UAE Hadiri COP28, Kamis (30/11). [Foto: YT/@SekretariatPresiden]
Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo bertolak dari Jakarta menuju Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), untuk menghadiri konferensi para pihak dalam kerangka kerja sama PBB untuk perubahan iklim (COP28).

Pesawat kepresidenan yang membawa Presiden Jokowi beserta delegasi terbatas, lepas landas dari Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (30/11) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Harapan dunia terhadap COP28 ini sangat besar agar ada aksi global yang nyata untuk pembatasan kenaikan suhu di dunia. Komitmen nyata harus diperkuat, khususnya komitmen negara-negara maju untuk pendanaan iklim, utamanya dalam rangka mencapai target net zero emission,” kata Joko Widodo, Kamis (30/11).

Dalam KTT tersebut, Joko Widodo akan menyampaikan pengalaman Indonesia untuk menangani dampak perubahan iklim, dan mempertegas pentingnya kolaborasi global untuk pendanaan iklim.

“Selain itu, juga pentingnya transisi yang inklusif untuk menjamin keberlanjutan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di negara-negara berkembang,” tandasnya.

Selama berada di Dubai, Presiden juga akan menghadiri presidency event tentang transformasi sistem pangan, ikut serta dalam KTT G77 dan China, serta melakukan beberapa pertemuan bilateral.

Presiden bersama rombongan dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada, Minggu 3 Desember 2023.