Jenazah Lukas Enembe Akan Diterbangkan ke Jayapura

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 26 Desember 2023 13:54 WIB
Lukas Enembe [Foto: Antara]
Lukas Enembe [Foto: Antara]
Jakarta, MI - Gubernur Papua Nonaktif Lukas Enembe menghembuskan nafas terakhirnya, pada Selasa (26/12). Rencananya, jenazah Lukas Enembe akan dibawa ke Jayapura, Rabu (27/12) besok.

“Menurut keterangan adik Bapak Lukas, Bapak Elius Enembe, mendiang (Lukas Enembe) akan dibawa ke Jayapura, pada Rabu malam,” kata Kuasa hukum Lukas Enembe, Antonius Eko Nugroho, Selasa (26/12).

Eko menjelaskan, bahwa Lukas Enembe meninggal saat sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, pada pukul 10.00 WIB.

Eko menyebutkan, sebelum meninggal dunia, Lukas Enembe sempat meminta bantuan untuk berdiri. Saat itu, Lukas dibantu oleh pihak keluarga Pianus Enembe, namun tak berselang lama, Lukas pun menghembuskan nafas terskhirnya.

"Menurut keterangan keluarga mendiang, yang setia mendampingi dan merawat beliau, Bapak Pianus Enembe, sebelum meninggal, Bapak Lukas minta berdiri, kemudian Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri, dengan memegang pinggang Bapak Lukas, tidak lama berdiri, Bapak Lukas menghembuskan nafas terakhirnya," ujar Antonius.

Dari penuturan Pianus, kata Eko, Lukas Enembe yang meminta bantuan untuk berdiri ingin menunjukan bahwa dirinya kuat.

"Begitu, Bapak Lukas tidak bernafas lagi, langsung kami tidurkan dan memanggil dokter. Sudah diberikan tindakan, namun Bapak sudah meninggal," tandasnya.

Sebelumnya, Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe meninggal dunia di Jakarta Selasa (26/12) pukul 11.00 WIB. Lukas Enembe, menghembuskan nafas terakhir dalam usia 56 tahun. 

Ia meninggal dunia saat dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.