Kemenhub Minta Maaf Atas Kecelakaan Kereta di Bandung

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 5 Januari 2024 15:40 WIB
Kondisi dua kereta api kecelakaan di Bandung Jawa Barat (Foto: Ist)
Kondisi dua kereta api kecelakaan di Bandung Jawa Barat (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Kementerian Perhubungan menyampaikan duka cita dan permintaan maaf atas insiden tabrakan KA Turangga dengan KA Commuter Line Bandung Raya. Kejadian itu terjadi di lintas Haurpugur-Cicalengka, pukul 06.03 WIB pada Jumat (5/1).

"Kementerian Perhubungan menyampaikan rasa prihatin dan duka cita mendalam atas terjadinya kecelakaan kereta api di Cicalengka, Bandung. Pada lintas Cicalengka-Haurpugur kilometer 181+700, pada tanggal 5 Januari 2024, pukul 06.03 WIB," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan video persnya, Jumat (5/1).

Adita memastikan, Kemenhub mengambil langkah cepat dalam proses evakuasi maupun hal urgent lainnya. Karena, tim evakuasi Kemenhub bersama stakeholder sudah dalam proses penindakan.

"Untuk menindaklanjuti kejadian tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perkeretaapian telah menurunkan tim evakuasi bersama stakeholder terkait. Untuk segera melakukan evakuasi korban maupun evakuasi gerbong," ucap Adita.

Adita berharap proses evakuasi korban dan gerbong kereta dapat berjalan lancar dan cepat. Terlebih, insiden tersebut otomatis mengganggu jadwal perjalanan perkeretaapian di Jawa Barat.

"Dan selanjutnya, mengembalikan layanan seperti semula, informasi lebih lanjut akan kami sampaikan sesegera mungkin. Mohon doa dan dukungan masyarakat agar evakuasi dapat dituntaskan," demikian Adita.