Komisi V Minta BMKG Maksimalkan Potensi Aplikasi Mobile Miliknya

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 14 Maret 2024 12:15 WIB
Anggota Komisi V DPR RI, Anwar Hafid (Foto: Ist)
Anggota Komisi V DPR RI, Anwar Hafid (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Anggota Komisi V DPR RI Anwar Hafid, menyoroti soal minimnya edukasi dan sosialisasi dari lembaga Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) soal penggunaan aplikasi mobile berbasis Android dan iOS untuk dipergunakan masyarakat. 

Hal itu disampaikan Anwar saat rapat dengar pendapat (RPD) Komisi V dengan Kepala BMKG dan Kepala Basarnas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/3/2024). 

"Yang pertama, soal edukasi tentang aplikasi dari BMKG itu sendiri disinyalir ibu, diluar ini masyarakat juga banyak (menggunakan) aplikasi-aplikasi lain di luar aplikasi resmi dari BMKG," kata Anwar. 

Kata Anwar, untuk mencegah terjadinya kesalahan informasi mengenai cuaca, iklim, kualitas udara, hingga gempabumi di Indonesia, BMKG semestinya memperbanyak sosialisasi atas aplikasi tersebut. 

"Nah, saya sangat berharap ibu sosialisasi ini yang perlu diperbanyak. Jadi saya sekali lagi berharap ibu memperjuangkan itu, disampaikanlah pada saat rapat-rapat terbatas ini," ujarnya

"Karena itu banyak aplikasi-aplikasi lain selain aplikasi resmi BMKG, apakah ibu tahu tau tidak, makanya solusinya harus banyak edukasi tentang aplikasi BMKG," imbuhnya. (DI)