Resmi! Marsekal Madya Tonny Harjono Jabat KSAU

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 5 April 2024 11:35 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Marsekal Madya Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada Jumat (5/4/2024)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Marsekal Madya Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada Jumat (5/4/2024)

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Marsekal Madya Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada Jumat (5/4/2024). Ia menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo yang pensiun pada 9 April 2024 ini, Jum'at (5/4/2024).

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, sekitar pukul 11.00 WIB siang, yang dihadiri antara lain Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menpora Dito Ariotedjo, Mensesneg Pratikno, Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan lainnya.

Upacara pelantikan dimulai dengan pembacaan keputusan pengangkatan mengenai pemberhentian dan pengangkatan KSAU dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Mayor Jenderal TNI Rudy Saladin.

"Memutuskan, menetapkan dan memberhentikan dengan hormat Marsekal Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasanya yang telah disumbangkan bangsa dan republik Indonesia. Kedua mengangkat Marsekal Madya Tonny Harjono sebagai KSAU," katanya.

Selanjutnya dilanjutkan penyematan tanda jabatan KSAU oleh Presiden Jokowi, dan dilanjut pengambilan sumpah Jabatan. Dalam kesempatan itu Jokowi juga menaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada Tonny Harjono menjadi Marsekal TNI terhitung tanggal ditetapkan keputusan presiden ini

Diketahui, Tonny merupakan salah satu komisaris di PT Pelita Air Service. Ia lahir di Jakarta pada 4 Oktober 1971. Tonny diangkat menjadi komisaris perseroan berdasarkan Keputusan RUPS Sirkuler tentang Pengangkatan dan Pengalihan Tugas Dewan Komisaris tanggal 5 Mei 2022.

Tonny menyelesaikan Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (SEKKAU) pada tahun 2002 dan menyelesaikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (SESKOAU) pada tahun 2008. Penghargaan yang pernah diraih Tonny ada delapan, di antaranya Satyalancana Wira Nusa dan Satyalancana Wira Siaga.

Sementara itu, perjalanan karier Tonny Harjono antara lain Pamen Setmilpres Kemsetneg dalam hal ini dia menjadi ajudan Presiden Jokowi pada 2014, Danlanud Adi Soemarmo tahun 2016, dan Danlanud Halim Perdanakusuma tahun 2018.

Selanjutnya menjadi Staf Khusus KSAU tahun 2020 dan Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) tahun 2020. Posisi terakhir Tonny sebelum ditunjuk Jokowi sebagai KSAU adalah Pangkogabwilhan II.

Selain melantik KSAU, Kepala Negara juga diagendakan mengukuhkan pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Pengurus Nasional Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bakti Tahun 2023-2028 di Istana Negara.

Topik:

ksau