Menkominfo Klaim Sistem Keimigrasian sudah Normal

Nicolas
Nicolas
Diperbarui 23 Juni 2024 22:02 WIB
Menkominfo Klaim Sistem Keimigrasian sudah Normal
Menkominfo Klaim Sistem Keimigrasian sudah Normal

Jakarta, MI - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengklaim sistem keimigrasian sudah mulai normal setelah sebelumnya baru sebagian yang pulih sebagai bagian dari pemulihan gangguan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2. Hal ini dibuktikan dari sistem yang sudah lancar di layanan autogate Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu malam baik di bagian kedatangan maupun keberangkatan internasional.

"Baik kedatangan international sudah lancar dan keberangkatan international sudah normal. Autogate sudah dapat digunakan. Tidak ada antrian menumpuk seperti sebelum-sebelumnya," kata Budi, Minggu (23/6/2024).

Hal ini menguatkan pernyataan terbaru dari Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan yang menyebutkan pemulihan layanan keimigrasian telah dilakukan oleh Ditjen Imigrasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sehingga layanan imigrasi berangsur pulih.

"Untuk sistem layanan lainnya, saat ini masih terus dilakukan upaya pemulihan dan langkah mitigasi untuk mencegah dampak yang lebih luas. Penanganan dilakukan dengan menetapkan skala prioritas untuk mempertahankan layanan publik yang optimal," kata Semuel.

Saat ini Kemenkominfo terus berupaya melakukan pemulihan PDNS 2 dengan kolaborasi menggaet lembaga dan instansi terkait seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), PT.Telkom, serta Polri. "Kami juga terus berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah strategis dan cepat demi kepentingan masyarakat luas," ujar Semuel.

Tidak hanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, perbaikan layanan imigrasi juga sudah terlihat berlangsung di bandara internasional lainnya seperti di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bali menyatakan sistem keimigrasian di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Kami berikan layanan imigrasi dengan baik melalui kombinasi layanan manual dan digital," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Bali Pramella Yunidar Pasaribu saat meninjau layanan keimigrasian di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (23/6/2024).

Berita Terkait