Jelang Dilantik Jadi Wamentan, Sudaryono Sampaikan Pesan Ini

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 18 Juli 2024 5 jam yang lalu
Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono ditemani istri tiba di kompleks Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Kamis (18/7/2024)
Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono ditemani istri tiba di kompleks Istana Kepresidenan RI, Jakarta, Kamis (18/7/2024)

Jakarta, MI - Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono tiba di kompleks Istana Kepresidenan RI, Jakarta, untuk menjalani prosesi pelantikan sebagai Wakil Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju (KIM), Kamis (18/7/2024).

"Ini tugas, amanah, jadi saya laksanakan sebaik-baiknya. Pertanian sentral vital, kedaulatan pangan salah satunya tergantung pada pangan. Insyaallah mohon doa dan restunya," kata Sudaryono, Kamis (18/7/2024).

Sudaryono didampingi istri tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, dengan berkemeja putih, dasi merah, berbalut jas, celana hitam, lengkap dengan kopiah di kepala sekitar pukul 14.00 WIB menggunakan kendaraan Toyota Alphard putih.

Mantan Asisten Pribadi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto itu pun, menyampaikan pesan Prabowo menjelang pelantikannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ya, pangan adalah kedaulatan negara," ungkap Sudaryono menyampaikan pesan dari Prabowo.

Pemberitahuan terkait dengan agenda pelantikannya, sebagai Wakil Menteri Pertanian sekitar pukul 15.00 WIB di Istana Negara Jakarta. Info ini diperoleh Sudaryono melalui telepon dan pesan WhatsApp sejak Rabu (17/7/2024) sore dan malam.

"Saya diminta standby," jelasnya.

Sudaryono, yang disapa Mas Dar, ini lahir di Grobogan pada tanggal 23 Januari 1985.

Mas Dar menjadi Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah pada usia 38 tahun. Sebelumnya, dia aktif di banyak organisasi, seperti Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Ketua Dewan Pembina DPP Pedagang Pejuang Indonesia Raya (PAPERA), CEO Garuda TV, serta CEO PT Indonesian Defense and Security Technologies.

Mengutip dari laman sudaryono.id, lulusan SMA Taruna Nusantara itu melanjutkan kuliahnya di Negeri Sakura dengan program beasiswa di National Defense Academy of Japan.

Selang beberapa tahun kemudian, sepulang dari Jepang, Mas Dar melanjutkan pendidikan akademisnya dengan kuliah program S-2 Magister Manajemen di salah satu universitas di Jerman dan S-3 di Institut Pertanian Bogor.

Mas Dar mengawali karier profesionalnya mulai 2014 sebagai Corporate Secretary di Nusantara Energy, kemudian dipercaya menjadi CEO Garuda TV pada tahun 2018.

Selanjutnya dia juga menjadi CEO PT Nusantara Telematics System sejak 2019 dan Chairman PT Sahabat Sejati Sejahtera Farma sejak 2020.

Kiprahnya di dunia politik mulai 2010 ketika dia menjadi asisten pribadi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Pada tahun 2020, dia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Gerindra, kemudian terpilih menjadi Ketua DPD Gerindra Jateng.

Sejak menjabat Ketua DPD Partai Gerindra Jateng pada tanggal 18 Oktober 2023, Mas Dar melakukan konsolidasi dengan dewan pimpinan cabang (DPC) di kabupaten/kota, kecamatan, bahkan sampai level anak ranting di desa-desa. Kunjungan itu dilakukan di 29 kabupaten dan enam kota di Jawa Tengah.