Digelar Siang Ini, Berikut Rute Gladi Kirab Bendera Monas-Halim

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 8 Agustus 2024 10 jam yang lalu
Ilustrasi polisi mengatur lalu lintas [Foto: Ist]
Ilustrasi polisi mengatur lalu lintas [Foto: Ist]

Jakarta, MI - TMC Polda Metro Jaya mengumumkan akan melakukan gladi kirab bendera dan teks proklamasi, dari Monumen Nasional menuju Halim Perdana Kusuma. Rute yang dilalui dari Jalan Merdeka Barat, hingga Jalan Gatot Subroto.

"Pada tanggal 8 Agustus 2024 pukul 10.00 WIB sampai Pukul 11.30 WIB akan ada gladi rangkaian kirab membawa Bendera dan Teks Proklamasi dari Monas Jakpus menuju Halim Perdana Kusuma Jaktim," demikian bunyi keterangan TMC Polda Metro melalui akun Instagramnya yang dilihat, Kamis (8/8/2024).

Adapun lintasan yang dilalui adalah Jalan Merdeka Barat, Jalan Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gatot Subroto, dan terakhir Bandara Halim Perdana Kusuma.

Diketahui, pada HUT ke-79 RI akan ada kirab bendera pusaka dari Monas ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Berikut rencana rangkaian kirab bendera pusaka dalam HUT ke-79 RI:

- Bendera pusaka merah putih dan naskah proklamasi akan dikirab dari Monas, Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

- Kirab bendera pusaka merah putih dan teks proklamasi dilaksanakan pada Sabtu, 10 Agustus 2024 pukul 08.00 WIB.

- Bendera akan dikibarkan saat detik-detik proklamasi pada upacara 17 Agustus 2024 di IKN pukul 11.00 WITA atau pukul 10.00 WIB.

-Di IKN, bendera beserta naskah proklamasi akan ditempatkan di ruangan khusus di Istana Negara IKN.

Rute kirab:

- Prosesi kirab dimulai dari Monumen Nasional (Monas)
- Ada acara seremonial di Monas yang digelar oleh Pemprov DKI Jakarta
- Bendera lalu dibawa ke Bandara Halim Perdanakusuma
- Setelah itu, dari Halim, bendera diterbangkan ke Balikpapan, dan dilanjutkan ke IKN
- Bendera dan teks proklamasi akan diinapkan di tempat yang sudah ditetapkan di Istana IKN

Pihak yang melakukan prosesi kirab adalah Paskibra 2023. Kemudian acara bisa disaksikan oleh masyarakat.

Tahun ini, peringatan HUT RI akan dilaksanakan di dua lokasi berbeda secara bersamaan, yaitu di IKN, Kalimantan Timur dan di Istana Merdeka, Jakarta. 

Upacara di IKN, dipimpin oleh Presiden Joko Widodo(Jokowi) didampingi Presiden RI terpilih Prabowo Subianto. Sedangkan di Jakarta dipimpin oleh Wapres Ma'ruf Amin, didampingi Wapres RI terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Berita Terkait