Pilih Pulang Kampung, SBY Tak Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 12 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Kiri). [Foto: Setkab]
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Kiri). [Foto: Setkab]

Jakarta, MI - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak akan hadir pada upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, karena akan kembali ke kampung halaman.

"Beliau sudah ada apa namanya, kegiatan yang direncanakan jauh-jauh hari juga. Upacaranya di Pacitan, di kampung halaman," kata AHY usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Upacara peringatan detik-detik proklamasi, akan dilaksanakan 17 Agustus 2024 di Istana Garuda IKN dan Jakarta. Secara teknis tata upacara militer akan dilaksanakan di IKN, yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Sementara di Istana Merdeka, Wakil Presiden dan tamu undangan yang hadir akan mengikuti, jalannya upacara di IKN secara daring.

Pihak Kementerian Sekretariat Negara, mengundang Presiden terdahulu untuk hadir mengikuti upacara di IKN. Sedangkan Wakil Presiden terdahulu, diundang mengikuti upacara dari Istana Merdeka, Jakarta.