Jokowi Reshuffle Kabinet, Lantik Menkumham-Menteri ESDM Hari Ini

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 19 Agustus 2024 6 jam yang lalu
Presiden Joko Widodo [Foto: Instagram]
Presiden Joko Widodo [Foto: Instagram]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah menteri dan kepala badan di Istana Negara, Jakarta, hari ini Senin (19/8/2024).

"Hari ini, Senin, tanggal 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, Bapak Presiden diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana di Jakarta, Senin (19/8/2024).

Ari mengatakan, menteri dan kepala badan yang akan dilantik Presiden adalah Menteri Hukum dan HAM, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Investasi, Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

"Pengangkatan menteri, wakil menteri dan kepala badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif," ujar Ari.

Terkait siapa nama-nama menteri, wakil menteri dan kepala badan yang akan dilantik, Ari meminta wartawan menunggu pelantikan resmi di Istana nanti.

Sebelumnya beredar informasi di kalangan wartawan, mengenai perombakan kabinet yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo, hari ini Senin (19/8/2024).

Salah satu menteri yang akan diganti yakni, Menkumham Yasonna Laoly menyatakan dirinya lebih dari siap untuk diganti.

“Isu reshuffle adalah kewenangan sepenuhnya Presiden Indonesia. Am I ready or not? I am more than ready (apa aku siap atau tidak? Aku sudah sangat siap),” kata Yasonna, Sabtu (17/8/2024).