Pelaku Pembunuhan Sekdes di Tuban Menyerahkan Diri ke Polisi

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 25 Oktober 2023 14:39 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Jakarta, MI - Pria berinisial J (45) terduga pelaku pembunuhan terhadap Agus Sutrisno (33), Sekretaris Desa (Sekdes) Sidonganti, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, telah menyerahkan diri ke pihak kepolisian.

Pelaku yang sempat menjadi buronan polisi itu bertempat tinggal di Dusun Ngindahan, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. 

Kepala Urusan Pembinaan dan Operasional (KBO) Satuan Reskrim Polres Tuban, Iptu Edi Siswanto mengatakan, polisi sempat mendatangi rumah pelaku. Namun, pelaku yang sempat mampir untuk minum di rumahnya itu sudah melarikan diri.
 
Kemudian pada Selasa (24/10) sekitar pukul 19.00 WIB, pelaku menyerahkan diri ke Polsek Grabagan, Kabupaten Tuban.

Edi mengatakan, pihaknya turut mengamankan barang bukti sebilah parang, yang digunakan pelaku untuk membunuh korban.

"Saat ini pelaku sudah diamankan di Polres beserta barang bukti sebilah parang yang digunakan membunuh korban," kata Edi Siswanto, Rabu (25/10).

Edi pun mengatakan pihaknya belum bisa membeberkan motif pembunuhan tersebut. Sebab, saat ini pelaku masih dalam proses pemeriksaan penyidik.

Dikatakan Edi, hasil pemeriksaan sementara, pelaku mengaku mobil pikap yang digunakan untuk menabrak korban adalah mobil sewaan.

"Pelaku sengaja menyewa mobil untuk mencelakai korban," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Desa (Sekdes) Sidonganti, Kecamatan Kerek, Tuban, bernama Agus Sutrisno (33) ditemukan tewas bersimbah darah dengan luka bacok, pada Selasa (24/10). Korban ditemukan tergeletak tak bernyawa di area lahan kosong.

"Korban merupakan Sekretaris Desa Sidonganti, Kecamatan Kerek," kata Kapolsek Kerek AKP Darmono, Selasa (24/10).

Darmono mengatakan, berdasarkan informasi sementara, peristiwa itu terjadi saat korban hendak berangkat ke kantor untuk menghadiri rapat. 

Berdasarkan keterangan salah satu saksi, kata Darmono, peristiwa berawal saat korban yang mengendarai sepeda motor melintas di Jalan Raya Montong-Kerek, Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek dari arah selatan ke utara.
 
Kemudian dari arah yang sama, melaju mobil pick up bernopol A 8382 YX. Mobil itu lalu menabrak motor korban hingga korban terjatuh.

Setelah itu, pelaku yang identitasnya masih belum diketahui tersebut langsung turun dari mobil dan menyerang korban. Korban yang ketakutan berlari menyelamatkan diri. Namun setiba di suatu lahan kosong, pelaku berhasil membacok korban.

"Setelah melakukan pembacokan terhadap korban, pelaku melarikan diri. Mobil pick up yang dikemudikan pelaku ditinggal di pinggir jalan," kata Darmono.

Darmono mengatakan korban mengalami luka bacok di kepala, tangan hingga pinggang.