Warga Garut gempar, Ada Lansia Tewas Gantung Diri

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 3 November 2023 17:48 WIB
Ilustrasi [Foto: iStock]
Ilustrasi [Foto: iStock]

Garut, MI - Seorang pria berinisial IM (75) ditemukan tewas gantung diri di halaman rumahnya, Kampung Senin, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Jumat (3/11). Penemuan jenazah ini, membuat geger masyarakat sekitar.

Kapolsek Tarogong Kidul, Kompol Alit Kadarusman mengatakan, jenazah lansia tersebut ditemukan oleh warga, yang hendak menuju salah satu pesta pernikahan. 

"Sekitar pukul 08.00 WIB pagi, saksi melihat korban tewas dalam keadaan menggantung pada atap halaman rumah dengan seutas tali," kata Kompol Alit Kadarusman kepada wartawan, Jumat (3/11). 

"Peristiwa itu kemudian dilaporkan kepada para tetangga dan aparat kepolisian," tambahnya. 

Petugas Polsek Tarogong Kidul, yang mendapat laporan itu, langsung melakukan olah TKP di sekitar rumah korban. Sementara petugas lainnya, memeriksa kondisi luar jenazah.

"Korban meninggal dunia akibat tali yang mencekik lehernya," ujarnya.

Dari olah TKP, petugas menemukan seutas tambang putih yang terikat pada bagian kayu atap teras rumah. Tali tambang ini, digunakan IM untuk mengakhiri hidup.

Sementara dari pemeriksaan fisik jenazah, tidak ditemukan adanya luka lain selain bekas jeratan tali pada leher

"Ditemukan pula empat tumpukan batu bata di bawah posisi korban yang gantung diri," jelasnya.

Sejumlah saksi yang dimintai keterangan, lanjut Alit, mengaku tidak menyangka IM nekat mengakhiri hidup. Pasalnya, selama ini lansia tersebut dinilai warga tidak pernah memiliki masalah.

"Korban tidak pernah menceritakan sedang ada masalah atau menyampaikan keluh kesah. Korban juga tidak memiliki riwayat penyakit," ungkapnya.

Adapun jenazah IM sudah diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan. 

"Keluarga menolak proses autopsi dan menerima kejadian yang menimpa korban sebagai musibah," tandasnya.