DPUBM Kabupaten Malang Prioritaskan Perbaikan Jalur Utama yang Rusak di Kecamatan Ampelgading

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 20 November 2023 20:48 WIB
Kondisi perbaikan jalan raya Tlogosari Kecamatan Ampelgading (Foto: MI/Rina Sugeng Yuliani)
Kondisi perbaikan jalan raya Tlogosari Kecamatan Ampelgading (Foto: MI/Rina Sugeng Yuliani)

Kabupaten Malang, MI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) memprioritaskan perbaikan jalur utama yang rusak. 

Hal ini dilakukan karena kondisi jalan tersebut sudah sangat memprihatinkan dan banyak dikeluhkan oleh masyarakat. 

Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Khairul Isnadi Kusuma mengatakan, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 11 miliar untuk perbaikan ruas jalan utama, yaitu di jalan raya Tlogosari Kecamatan Ampelgading.

"Untuk perbaikan jalan tersebut diperkirakan kurang lebih sepanjang 3,4 kilometer, pemeliharaan jalan itu sudah dilakukan karena banyak dilalui kendaraan berat. Selain itu, ruas jalan tersebut juga menjadi jalan penghubung antar daerah," kata Khairul, Senin (20/11).

Menurut Khairul, kalau ada jalan yang ditambal itu hanya untuk sementara. Pasalnya, hal tersebut bertujuan untuk melindungi pengguna jalan dari kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

“Disisi lain, ada pula yang memerlukan penanganan besar berupa overlay berlapis. Seperti perbaikan di Jalur Lingkar Barat (Jalibar), ada titik perbaikan sepanjang 100 meter yang dilakukan pengaspalan secara penuh".

"Hal itu sebagai bahan uji coba atau simulasi kekuatan aspal. Nantinya jika hasil uji coba sudah dirasa baik, maka minggu depan direncanakan akan di lakukan overlay atau pengaspalan secara penuh,” jelasnya. 

Ia menambahkan, meski perbaikan jalan sudah dilakukan ada sejumlah kendala yang dihadapi oleh pekerja dalam mengerjakan proyek ini.  

"Soal kendala mungkin ya cuaca, karena di bulan November sudah mulai turun hujan, selain itu juga arus lalu lintas yang cukup padat. Sehingga manajemen K3 dan pengamanan lalu lintas harus sinkron," katanya.

Saya berharap, perbaikan jalan tersebut segera diselesaikan agar pengguna jalan dapat kembali merasakan kenyamanan dalam berkendara,” harapnya menambahkan. (ADV/Rina Sugeng Yuliani)