Hadiri Pelatihan Potensi Pemuda Melalui Ekonomi Kreatif, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar: Jangan Takut Bekerja Keras Untuk Sukses

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 20 November 2023 20:56 WIB
Suasana saat pelatihan kepada para pemuda Pengembangan Potensi Pemuda Melalui Ekonomi Kreatif (Foto: MI/JK)
Suasana saat pelatihan kepada para pemuda Pengembangan Potensi Pemuda Melalui Ekonomi Kreatif (Foto: MI/JK)

Blitar, MI - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Mujib memotivasi para pemuda agar tidak takut untuk bekerja keras dalam menggapai kesuksesan. Sebab, kesuksesan harus diupayakan sejak usia muda.

Hal itu disampaikan saat menghadiri Pelatihan Pengembangan Potensi Pemuda Melalui Ekonomi Kreatif, yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Blitar, bertempat di Kampus STIEKEN Blitar Jalan Mastrip Kota Blitar, pada Senin (20/11).

Puluhan peserta dari beberapa unsur pemuda Bumi Penataran, yaitu dari Kecamatan Kanigoro dan Kecamatan Kademangan.

Mujib yakin para pemuda tersebut memiliki bakat dan potensi yang bisa diasah. Saat hal tersebut diasah, kemampuan untuk menjadi seorang yang ahli agar bisa sukses dengan mudah digapai.

“Kalian ini generasi Z yang saat ini sedang mencari ilmu di bangku perkuliahan. Maka manfaatkan waktu di sini sebaik mungkin untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya,” ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan, inovasi yang diharapkan tidak hanya menciptakan ide atau penemuan baru saja, tetapi juga bisa diwujudkan dan dikomersialisasikan.

”Tujuan dari pelatihan ini antara lain meningkatkan keunggulan daya saing terutama di kalangan generasi muda. Membantu mewujudkan pemuda milenial atau generasi Z yang kreatif. Salah satunya, lewat pelatihan ini," tuturnya.

Politisi dari Partai Gerindra ini juga mengajak para pemuda untuk bercita-cita menjadi pengusaha. Sehingga mereka bisa membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat luas.

”Ibaratnya, kita harus memberikan kail pada orang lain, jangan hanya memberikan ikan. Dengan begitu kita bisa membantu orang lain mendapatkan pekerjaan".

"Sukses adalah hak kita semua Lakukan lah apa yang bisa dilakukan. Jadikan alam sekeliling kita menjadi potensi yang bisa kita kembangkan dan rejeki kita," pungkasnya.

Terpisah, Kabid Kepemudaan Dispora Kabupaten Blitar Eko Yudhi Prasetyo mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan bisa menumbuhkan jiwa 'entrepreneur' kepada pemuda. 

Apalagi para pemuda bakal menjadi penerus untuk menyambut Indonesia Emas tahun 1945.

“Supaya pemuda-pemuda kita kelak akan menjadi pemimpin ini sudah kuat dalam hal ekonominya. Selama ini kan mereka sering ke luar kota ataupun ke luar negeri untuk mencari pekerjaan,” ujarnya.

Eko juga mengatakan, saat ini ekonomi kreatif sedang menjadi tren bagi kalangan muda. ”Artinya membuat kreativitasnya kemudian bisa menjadikan kegiatan wirausaha," tukasnya. (JK/ADV/DPRD)