Kronologi Tanah Longsor di Citiis Rongga Kabupaten Bandung Barat

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 23 November 2023 13:12 WIB
Kondisi rumah yang rusak di KBB akibat diterjang longsor (Foto: BPBD KBB)
Kondisi rumah yang rusak di KBB akibat diterjang longsor (Foto: BPBD KBB)

Kabupaten Bandung Barat, MI - Tanah longsor yang disebabkan hujan deras mengakibatkan sejumlah rumah di Kampung Citiis, RT 02/11, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami kerusakan berat pada Rabu (22/11).

Akibat bencana tersebut semua warga yang terdampak diungsikan ke rumah RT dan RW setempat hingga kerabatnya. 

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, akibat bencana longsor tersebut total ada 11 rumah yang terdampak. Perinciannya, satu rumah rata dengan tanah, tiga terseret, dan tujuh terancam longsor susulan.

"Betul sekitar pukul 22.00 WIB telah terjadi bencana alam tanah longsor di wilayah Desa Cicadas, Kecamatan Rongga," kata Camat Rongga Agus Rudianto kepada wartawan, Rabu (22/11).

Kronologi bencana longsor di wilayah pelosok Bandung Barat itu bermula saat hujan deras yang menguyur dengan curah yang tinggi hingga pukul 21.30 WIB. Saat itu, korban yang terdampak sedang berada di rumahnya masing-masing.

Kemudian warga mendengar suara gemuruh dan suara seperti pohon tumbang sehingga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Setelah itu terjadilah longsor hingga merusak sejumlah rumah warga.

"Jam 21.30 WIB terdengar suara gemuruh dan terjadi tanah longsor hingga terdampak beberapa titik lokasi kejadian terkena bencana alam yang mengakibatkan beberapa rumah penduduk terkena longsoran tanah dan terancam," tandas Agus.

Hingga saat ini, dilaporkan tidak ada korban jiwa atas longsor tersebut.