Longsor di Bandung Barat, 13 Rumah Terdampak

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 23 November 2023 13:27 WIB
Rumah yang terdampak akibat diterjang longsor di Kabupaten Bandung Barat [Foto: BPBD KBB]
Rumah yang terdampak akibat diterjang longsor di Kabupaten Bandung Barat [Foto: BPBD KBB]
Bandung Barat, MI - Sebanyak tiga belas rumah di Kampung Citiis, RT 02/11, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, mengalami kerusakan berat usai diterjang longsor, pada Selasa (21/11) malam. Bahkan, satu rumah panggung rata dengan tanah.

Camat Rongga Agus Rudianto mengatakan, peristiwa bencana alam itu terjadi pada Selasa (21/11) malam, saat wilayah tersebut diterjang hujan deras. 

"Betul sekitar pukul 22.00 WIB telah terjadi bencana alam tanah longsor, di wilayah Desa Cicadas Kecamatan Rongga," kata Agus Rudianto kepada wartawan, dikutip Kamis (23/11).
  
Awalnya, warga mendengar suara gemuruh dan suara seperti pohon tumbang, sehingga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Setelah itu terjadilah longsor hingga merusak sejumlah rumah warga.

Dalam peristiwa tersebt, lanjut Agus, tidak ada korban jiwa. Hanya saja ada 11 kepala keluarg (KK), yang berisi 44 jiwa yang terdampak.

"Terdengar suara gemuruh dan terjadi tanah longsor hingga terdampak beberapa titik lokasi kejadian terkena bencana alam, yang mengakibatkan beberapa rumah penduduk terkena longsoran tanah dan terancam," ujarnya. 

Berdasarkan hasil assesment, lanjut Agus, tercatat ada tiga rumah warga yang mengalami rusak berat. Satu rumah di antaranya rata dengan tanah. 

Sedangkan tujuh rumah lainnya, yang berada di kampung tersebut terancam terkena longsor susulan.

"Rumah yang roboh ada tiga. Yang terancam ada tujuh. Ada yang rata dengan tanah 1, 2 lagi hancur dan rusak berat tapi gak sampai rata," jelasnya.

Agus menambahkan, saat ini, pihaknya sudah menyalurkan bantuan darurat bagi warga terdampak longsor. 

"Kita sudah salurkan bantuan dari lumbung sosial Kecamatan Rongga makanan siap saji, pampers, makanan ringan," tandasnya.