DPUBM Kabupaten Malang Prioritaskan Perbaikan Jalur Utama Rusak di Kecamatan Ampelgading

Aswan LA
Aswan LA
Diperbarui 27 November 2023 20:51 WIB
Jalan di Desa Tlogosari Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang (Foto: MI/Rina Sugeng Yuliani)
Jalan di Desa Tlogosari Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang (Foto: MI/Rina Sugeng Yuliani)

Kabupaten Malang, MI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) memprioritaskan perbaikan jalur utama yang rusak di jalan raya Tlogosari Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Hal ini dilakukan karena kondisi jalan tersebut sudah sangat memprihatinkan dan banyak dikeluhkan oleh masyarakat.

Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Khairul Isnaidi Kusuma mengatakan, pihaknya telah melakukan perbaikan jalan rusak diperkirakan kurang lebih sepanjang 3,4 kilo meter yang berada di jalan raya Tlogosari Kecamatan Ampelgading. 

“Untuk pengerjaannya dilakukan pelebaran jalan dari sisi kanan dan kiri lebar 1 meter dan juga dilakukan pengaspalan yang bersifat permanen karena kondisi jalan sebelumnya memang sangat beresiko bagi pengguna jalan. Maka kedepannya bagi pengendara kendaraan bermotor tidak perlu khawatir lagi saat melintas di jalan tersebut,” paparnya, Senin (27/11).

Menurut Khairul, kalau ada jalan yang ditambal itu hanya untuk sementara. Pasalnya, hal tersebut bertujuan untuk melindungi pengguna jalan dari kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

“Disisi lain, ada pula yang memerlukan penanganan besar berupa overlay berlapis. Karena hal itu sebagai bahan uji coba atau simulasi kekuatan aspal. Nantinya jika hasil uji coba sudah dirasa baik, maka minggu depan direncanakan akan di lakukan overlay atau pengaspalan secara penuh,” jelasnya.

Ia menambahkan, meski perbaikan jalan sudah dilakukan ada sejumlah kendala yang dihadapi oleh pekerja dalam mengerjakan proyek ini. 

"Soal kendala mungkin ya cuaca, karena di bulan November sudah mulai turun hujan, selain itu juga arus lalu lintas yang cukup padat. Sehingga manajemen K3 dan pengamanan lalu lintas harus sinkron. Saya berharap, perbaikan jalan tersebut segera diselesaikan agar pengguna jalan dapat kembali merasakan kenyamanan dalam berkendara,” pungkasnya. (ADV/Rina Sugeng Yuliani)